Peristiwa

Ini 5 Sasaran TMMD ke 117 Kodim 0809/Kediri di Kelurahan Pojok

Kediri, GelarFakta – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 yang digelar oleh Kodim 0809/Kediri di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, difokuskan pada 5 sasaran.

Kelima sasaran tersebut adalah perbaikan jalan, perbaikan Rumah Tidak Layak Huni, perbaikan Puskesmas Pembantu, perbaikan tandon air, serta perbaikan meunasah atau bangunan tempat kegiatan warga.

Komandan Kodim 0809/Kediri, Letkol Inf Aris Setiawan, SH., saat meninjau lokasi mengatakan, seluruh sasaran kegiatan yang dilakukan oleh Satgas TMMD ke-117 Kodim 0809/Kediri adalah berdasarkan unek-unek dari warga.

”Ini atas unek-unek masyarakat yang menyampaikan ke Babinsa. Salah satunya tandon ini, karena masyarakat di sekitar sini masih banyak kekurangan air,” kata Dandim, Rabu (19/7/2023).

Khusus untuk tandon, kata Dandim, rencananya nanti akan dibuat dengan tinggi 15 meter dan saat ini proses perbaikannya sudah sekitar 50 persen.

“Untuk kapasitasnya nanti bisa menyuplai air untuk 50 sampai 70 Kepala Keluarga. Dari yang sebelumnya, hanya cukup untuk 10 KK bahkan kurang,” imbuhnya.

Agus, salah satu warga RT.24/RW.5 Kelurahan Pojok mengaku, air di wilayah mereka menjadi salah satu permasalahan tahunan.

“Saat musim kemarau seperti sekarang, air masih bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari. Tapi untuk minum, warga tetap harus membeli seharga Rp 5 ribu per galon,” cetusnya.

Sementara saat musim hujan tiba, tambah Agus, air di lokasi mereka sudah tidak layak pakai. “Kalau musim hujan, airnya bisa putih seperti susu,” imbuhnya.

Agus bersama warga lain mengaku senang dan sangat berterima kasih atas kegiatan TMMD kali ini.

Dengan adanya perbaikan-perbaikan fasilitas di wilayahnya, kini warga sudah tidak perlu terlalu merisaukan permasalahan air yang hampir setiap tahun dikeluhkan.

“Terima kasih. Bapak-bapak tentara selama disini baik.-baik. Kami terima kasih banyak,” pungkasnya.(pty/kur)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button