Pendidikan

Stop Kekerasan dan Pernikahan Anak

Kediri, Gelar Fakta – Dinas Sosial bersama Tim penggerak PKK Kabupaten Kediri menggelar kegiatan Sosialisasi pencegahan kekerasan dan perkawinan anak.

Kegiatan yang bertempat di Kantor Desa Wates diikuti oleh siswa-siswi perwakilan SMP, SMA dan Mahasiswa se Kecamatan Wates, Selasa (23/8/2022).

Menghadirkan para narasumber yang berkompeten dibidangnya seperti dari Kepala KUA Kecamatan Wates, psikolog, dan dari Dinas Sosial sendiri, kegiatan ini bertujuan agar tidak ada lagi yang namanya kekerasan dan pernikahan anak di Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito melalui Dyah Werdiningtias, anggota Pokja 1 menyampaikan bahwa masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak menuju masa dewasa.

Dimana pada masa itu terjadi pertumbuhan yang pesat termasuk fungsi reproduksi sehingga mempengaruhi terjadinya perubahan dan perkembangan baik fisik, mental maupun peran sosialnya.

“Perkembangan pada saat ini memiliki banyak perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat modern, mulai dari norma, nilai, dan gaya hidup,” ungkapnya.

“Dulunya anak terjaga oleh sistem keluarga, adat, budaya dan lingkungan tradisional mulai mengalami pergeseran yang disebabkan dengan pergeseran teknologi ilmu pengetahuan yang sangat cepat, sekaligus didukung dengan perkembangan media sosial yang terbuka dalam memberikan informasi keragaman gaya hidup,” jelasnya.

“Remaja adalah generasi penerus bangsa, dimana semua remaja diharapkan dapat melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya dan mampu berkembang lebih baik lagi dengan mental dan pola pikir yang lebih maju sehingga mampu tumbuh dengan bermoral baik,” terangnya.

“Remaja memiliki peran yang luar biasa dalam membangun indonesia dimasa depan. Untuk itu, ini adalah bentuk kepedulian kepada remaja. Saya berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan sehingga mampu membentuk perilaku yang lebih baik bagi para remaja,” pungkasnya.(*/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button