PendidikanPolitik dan Pemerintahan

Pemkot Kediri Gelar Sosialisasi Media Ramah Anak untuk Tingkatkan Kapasitas Jurnalis

Kediri, GelarFakta – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kediri, Apip Permana, menegaskan pentingnya peran media massa dalam upaya perlindungan anak.

Hal ini disampaikan dalam acara sosialisasi Media Ramah Anak yang berlangsung di Hotel Merdeka, Jl Basuki Rahmad, Kota Kediri, pada Rabu (29/5/2024).

“Media memiliki kewajiban besar untuk menciptakan pemberitaan yang ramah anak. Pemberitaan tentang anak harus memperhatikan hak-hak mereka dan kepentingan terbaik bagi anak, serta menghindari konten yang dapat merugikan anak,” ujar Apip Permana.

Apip juga mengingatkan para jurnalis untuk mematuhi pedoman pemberitaan ramah anak yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers.

a berharap para wartawan dapat menghasilkan karya jurnalistik yang ramah anak dan menghindari berita diskriminatif yang bisa berdampak negatif pada masa depan anak.

“Media harus mampu memberikan solusi, baik ketika anak berperan sebagai korban, pelaku, atau saksi, dan berkontribusi dalam mewujudkan Kabupaten Kediri sebagai wilayah yang layak anak,” tambahnya.

Selain Apip Permana, acara yang dihadiri oleh puluhan jurnalis dari berbagai media, baik cetak, online, maupun radio, ini juga dihadiri oleh Sekretaris BAPPEDA Kota Kediri, Heri Krismono.

Dua narasumber lainnya yang hadir adalah Ketua PWI Kediri Raya, Bambang Iswahyoedhi dan Jurnalis Ramah Anak, Aan Hariono, MSI.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para jurnalis dapat meningkatkan kapasitas mereka dalam melaporkan isu-isu yang melibatkan anak dengan lebih sensitif dan bertanggung jawab, serta membantu menciptakan lingkungan media yang lebih aman dan positif bagi anak-anak.(pty/kur)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button