Politik dan Pemerintahan

Jadikan Semangat Pahlawan sebagai Teladan Berantas Kebodohan dan Perangi Kemiskinan

Kediri, GelarFakta – Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri Chandra Eka Yustisia menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional. Bertempat di Halaman Belakang Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri, yang dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda dan diikuti oleh para ASN, TNI dan Polri, Jumat (10/11/2023).

Berlangsung khidmat, pada peringatan Hari Pahlawan tahun ini mengusung tema ” Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Sama seperti upacara pada umumnya, namun usai petugas upacara membacakan teks Undang-undang dasar 1945, untuk memacu semangat dan motivasi kita dibacakan pula pesan-pesan para pahlawan Nasional yang telah berjuang merebut Kemerdekaan dari tangan penjajah.

Dalam sambutannya, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri Chandra Eka Yustisia membacakan amanah Menteri Sosial Republik Indonesia menyampaikan, bahwa tema peringatan hari pahlawan diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajah modern yang kian nyata.

Lanjut Chandra, Indonesia dikaruniai dengan begitu banyak sumber daya alam, tanah yang subur, hasil laut yang melimpah dan kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang serius bagi penerus bangsa untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan Negara,” terangnya.

“Dengan berbekal semangat yang dicontohkan oleh para pejuang 10 November 1945, tantangan ini pasti akan dapat kita taklukkan,” tuturnya.

Chandra menambahkan, Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita semua bahwa kita bukanlah bangsa pecundang yang tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

“Semangat untuk memberantas kebodohan dan memerangi kemiskinan dapat dilihat dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri,” ungkapnya.

“Semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa ditahun 1945, semangat yang membawa kita menolak kekalahan dan menyerah pada keadaan,” tambahnya.

Terakhir, semangat yang dicontohkan oleh para pahlawan, telah menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan bangsa yang bersatu, berdaulat adil dan makmur serta memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan masa depan yang lebih baik.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang semakin maju dan sejahtera,” pungkasnya.(*/pty/kur)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button