AdvertorialEkonomiPendidikanPolitik dan Pemerintahan

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri Tingkatkan Keterampilan Warga Lewat Pelatihan Menjahit di TMMD Ke-122

Kediri, GelarFakta – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bekerja sama dengan Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 Kodim 0809/Kediri, mengadakan pelatihan menjahit di Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Pagung, Kecamatan Semen, pada Selasa (08/10).

Pelatihan ini menjadi salah satu upaya strategis dalam meningkatkan keterampilan masyarakat desa, khususnya di bidang tata busana, guna menciptakan peluang usaha mandiri.

Ibnu Imad S.Sos, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kediri, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk memperkuat ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan keterampilan berbasis kompetensi.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama 15 hari, peserta akan dibekali kemampuan merancang hingga memproduksi busana secara mandiri.

“Tujuan utama kami adalah memberikan keterampilan yang berkelanjutan. Kami tidak hanya fokus pada pengajaran dasar, tetapi juga memastikan para peserta siap menghadapi uji kompetensi di akhir pelatihan. Dengan sertifikasi nasional dari BNSP, mereka akan memiliki peluang lebih besar untuk bersaing di dunia kerja maupun memulai usaha sendiri,” jelas Ibnu.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta yang secara antusias belajar menjahit. Mereka mendapatkan berbagai fasilitas, termasuk tas, kaos, alat tulis, bahan latihan, serta sertifikat setelah menyelesaikan pelatihan dan uji kompetensi.

Disnaker Kabupaten Kediri berharap program ini bisa menjadi modal penting bagi warga Desa Pagung dalam meningkatkan taraf hidup dan menciptakan wirausaha baru di bidang fashion.

Lettu Inf Iskak Sukarman, Koordinator Umum TMMD ke-122, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program non-fisik TMMD yang bertujuan mendukung pembangunan masyarakat melalui peningkatan keterampilan.

“Kami ingin warga Desa Pagung, terutama para peserta pelatihan, dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan kemampuan mereka. Ini adalah wujud nyata dukungan kami dalam membantu masyarakat menciptakan usaha mandiri dan lebih berdaya,” kata Lettu Iskak.

Dalam pembukaan pelatihan, turut hadir beberapa tokoh penting, di antaranya Ibnu Imad S.Sos (Kadisnaker Kabupaten Kediri), Sri Wardayanirum (Narasumber dari Disnaker), Supriadi (Kepala Desa Pagung), dan Serda Anton L.A.A. (Babinsa Desa Pagung), yang semuanya memberikan dukungan serta motivasi kepada para peserta.

Dengan adanya kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Kediri dan TMMD, pelatihan ini diharapkan mampu membuka peluang usaha baru di sektor tata busana dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(adv/kominfokabkdr/*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button