Olahraga

Bukan Sekadar Adu Jotos, Pencak Dor Juga Untuk Melestarikan Budaya

Kediri, GelarFakta – Perebutan Sabuk Juara Pencak Dor Profesional Indonesia Dankor Brimob Polri digelar selama dua hari yakni 2-3 Juni 2023 di Gelanggang Olahraga Jayabaya Kota Kediri.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Kelurahan Banjar Melati Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Imam Widan Zarkasyi yang tampil nyentrik mengenakan batik dan topi kuning saat melihat pertandingan pencak dor dihelat.

“Pencak dor merupakan sarana bagi kaum muda. Biasanya energi anak muda kan lebih, bisa disalurkan secara baik untuk menghindari energi negatif yang biasa muncul misalnya tawuran,” kata Imam Widan Zarkasyi, Sabtu (3/6/2023).

Menurut pria yang juga politisi Partai Golkar ini, kegiatan selama dua hari tersebut membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya anak muda.

Tak hanya itu, lanjut dia, pencak dor juga merupakan gambaran bahwa warga tetap mempertahankan tradisi nenek moyang yang berasal di Kediri.

Imam menambahkan, momentum ini merupakan kesempatan baik bagi para atlet lokal untuk bisa meningkatkan prestasi atau kapasitasnya ke jenjang yang lebih tinggi. Baik di tingkat nasional hingga menuju internasional.

“Saya melihat pencak dor nasional dapat membawa atlet hingga jenjang internasional. Patut dijaga prestasi pencak dor dan dikelola dengan baik sehingga menjadi olahraga popular di Kota Kediri maupun di Indonesia, bahkan skala Internasional,” ungkapnya.

Sementara itu terpisah, Ketua Panitia, Hadi Santoso menjelaskan, perebutan sabuk juara pencak dor ini bertujuan untuk menjaring bakat sekaligus mencari prestasi, dan tidak hanya sekadar menjadi ajang silaturahmi.

“Kita membangun ini untuk Road To UFC atau Road One Champions. Harapan kami atlet-atlet yang berprestasi di daerah ini bisa kita manage dengan baik , bisa kita kirim ke luar negeri. Harapan kami ini adalah ajang untuk membuktikan sang juara untuk mengurangi tawuran, untuk mengurangi keributan antar perguruan,” tuturnya.

“Hari ini hanya ada dua peserta, besok ada 75 peserta. Di antarnya 5 partai utama, 20 partai perbaikan peringkat serta 10 partai debutan yang akan kami gelar dan pencak dor kultur. Peserta pencak dor kultur ini yang bagus akan kita bawa ke jenjang profesional. Dari profesional kita bawa yang lebih tinggi Road To UFC, Road To One Champions atau pertandingan bergengsi di luar negeri sana,”pungkasnya.(yan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button