AdvertorialKesehatanPolitik dan Pemerintahan

Pemkab Kediri Rangkul ODGJ Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia

Kediri, GelarFakta – Tepat di Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2023, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggelar kegiatan Jambore Kesehatan Jiwa ke-3 dengan tema ‘Sehat Jiwa Bagi Semua Orang’ di Taman Hijau SLG, Kabupaten Kediri.

Kegiatan merupakan wujud untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental, mengurangi stigma negatif terhadap orang dengan masalah kesehatan mental, serta mempromosikan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan puskesmas dari setiap kecamatan di Kabupaten Kediri dan mengikutsertakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Masyarakat tidak perlu takut, gangguan jiwa bisa disembuhkan. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kerja sama dari individu, lingkungan di sekitar individu (terutama keluarga), tenaga psikolog, dan tenaga psikiater.

“Kita bisa menyembuhkan ODGJ dengan kerja sama seluruh stakeholder dan dirawat secara intensif terus menerus, berkelanjutan. Baik pada rumah sakit maupun pasca dari rumah sakit, ini perlu penanganan serius, sehingga bisa kembali ke masyarakat dengan hidup normal. Kita bersama-sama tanpa dikucilkan,” kata Sujud Winarko, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kediri saat memberikan sambutan.

Para peserta yang hadir juga menampilkan keterampilan masing-masing mulai dari menyanyi, membaca Alquran, serta hasil karya UMKM dari para peserta.

Keterampilan ini dihasilkan sebagai wadah untuk para ODGJ mendapatkan pemulihan yang tepat. Adanya kegiatan ini juga melatih fokus ODGJ mengisi hari-hari.

Acara ini juga sebagai terapi pendekatan dengan kegembiraan, seperti lomba-lomba antar ODGJ untuk merebutkan hadiah menarik.(adv/kominfo/*/pty/kur)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button