EkonomiGaya Hidup

Pelatihan Handycraft, Upaya Mas Dhito Agar UMKM Naik Kelas

Kediri, GelarFakta – Sebagai upaya penguatan kapasitas kader PKK pengurus kabupaten dan kecamatan se-Kabupaten Kediri, Tim Penggerak PKK kabupaten menuju sentra pengrajin handycraft yang terletak Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta.

Di tempat tersebut para kader PKK diberikan pelatihan membuat kerajinan anyaman dengan bahan dasar enceng gondok.

Dari sekian banyak tempat, TP PKK memilih gudang handycraft di Karang Tengah Tirtonirmolo Kasihan Kabupaten Bantul, Kamis (27/10/2022).

Dibimbing oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya, para kader PKK sebagian besar perempuan ini sangat antusias belajar bagaimana menciptakan sebuah karya.

Semua orang pasti tahu dengan tanaman enceng gondok yang biasa hidup dirawa-rawa ini, bahkan hanya dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Ternyata, jika diolah dengan baik dan terampil enceng gondok memiliki nilai jual tinggi.

Menurut Prahara Balkis Narasumber pada acara tersebut, enceng gondok dapat dijadikan berbagai macam kerajinan bernilai seni tinggi seperti playmate, lampion, karpet bahkan dapat kita jadikan kursi dan meja yang dapat membuat keestetikan ruangan.

“Dari yang awalnya tidak berharga, dengan tangan-tangan terampil ini harganya bisa berlipat-lipat ganda, tentunya akan dapat menambah penghasilan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Salah satu peserta Anik Puspitowati ketua TP PKK Kecamatan Kandangan, mengaku sangat senang mendapatkan pelatihan seperti ini yang nantinya akan dapat ditularkan serta diterapkan di wilayahnya.

“Ini merupakan pengalaman pertama yang menarik sekali, walaupun kelihatannya mudah tapi sangat membutuhkan keterampilan khusus,” jelas Anik.

“Setelah pulang dari sini, saya ingin sekali mengajarkan membuat kerajinan seperti ini di Kecamatan Kandangan, agar dapat menambah pengalaman, keterampilan yang nantinya akan dapat menambah pengasilan warga sekitar,” tuturnya.

“Harapan kami, seluruh potensi UMKM di Kabupaten Kediri khususnya di Kecamatan Kandangan dapat lebih maksimal lagi dalam berinovasi membuat produk yang berkualitas,” harapnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Kediri melalui Ketua Pokja 1 Dyah Saktiana yang juga hadir pada pelatihan tersebut mengucapkan, syukur Alhamdulillah hari ini TP PKK Kabupaten Kediri dapat melaksanakan “Capacity Building”, yang mana diikuti oleh seluruh pengurus kabupaten dan kecamatan se Kabupaten Kediri.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Ibu ketua TP PKK Kabupaten Eriani Annisa Hanindhito yang mengharapkan para kader PKK bisa belajar bersama-sama disini yang nantinya bisa kita aplikasikan didaerah masing-masing, ” terangnya.

“Di Kabupaten Kediri juga banyak pengrajin handycraft, maka dari itu setelah dari sini harapannya akan muncul inovasi baru yang dapat diminati oleh konsumen”, jelas Dyah Saktiana.

“Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana beserta Ketua TP PKK kabupaten sangat support dengan berkembangnya UMKM di Kabupaten Kediri. Beliau termasuk pemimpin muda yang sangat luar biasa dalam memotivasi UMKM agar bisa naik kelas,” pungkasnya.(*/kur)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button