PendidikanPolitik dan Pemerintahan

PWI Gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 dengan Hadiah Total Rp 550 Juta

Jakarta, GelarFakta – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menyelenggarakan lomba jurnalistik bergengsi, Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024, dengan total hadiah mencapai Rp 550 juta.

Lomba tahunan yang dimulai sejak 1974 ini menawarkan hadiah untuk lima kategori utama dan dua kategori penghargaan khusus.

Ketua Umum PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, menjelaskan, anugerah Adinegoro adalah penghargaan tertinggi dalam jurnalistik di Indonesia.

“Pemenangnya mencerminkan kualitas karya jurnalistik terbaik,” kata Hendry, Kamis (1/8).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 akan digelar terpisah dari Hari Pers Nasional (HPN) yang biasanya diadakan setiap 9 Februari.

Hendry Ch Bangun menyebutkan bahwa pemisahan ini bertujuan untuk menonjolkan karya jurnalistik terbaik di tengah perubahan dan tantangan saat ini.

“Kami berharap Anugerah Adinegoro 2024 akan menghidupkan kembali semangat jurnalistik Adinegoro, baik di kalangan wartawan muda maupun masyarakat umum,” tambahnya.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2024 terbuka untuk semua wartawan Indonesia yang menerbitkan karyanya di media massa antara 1 Januari hingga 31 Desember 2024. Lomba ini akan menilai lima kategori utama, yaitu:

1. Karya Jurnalistik Media Cetak
2. Karya Jurnalistik Media Daring/Siber
3. Karya Jurnalistik Media Video
4. Karya Jurnalistik Media Audio
5. Karya Jurnalistik Foto

Untuk pertama kalinya, lomba ini juga mengundang pers kampus di Indonesia untuk bersaing dalam Penghargaan Khusus.

Penghargaan ini bertujuan untuk menyemangati jurnalisme di lingkungan kampus dan mendorong generasi muda, termasuk milenial dan Generasi Z, untuk lebih peduli terhadap jurnalisme dan isu-isu sosial.

Pemenang dari setiap kategori utama akan menerima hadiah sebesar Rp 100 juta, Piala Adinegoro, serta penghargaan tambahan.

PWI Pusat juga membuka kategori baru untuk jurnalisme warga melalui media sosial, dengan hadiah masing-masing Rp 25 juta untuk dua pemenang Penghargaan Khusus.

“Untuk mengikuti perkembangan tren dan meningkatkan eksposur Anugerah Adinegoro, kami juga memberikan penghargaan khusus untuk pers kampus dan jurnalisme warga,” jelas Hendry Ch Bangun.

Tema Anugerah Jurnalistik Adinegoro tahun ini adalah “Pers dan Demokrasi,” sementara untuk pers kampus dan jurnalisme warga adalah “Gen Z Peduli Jadi Warga Dunia.”

Peserta dapat mengirimkan karya mereka mulai 1 Agustus hingga 31 Desember 2024 melalui https://s.id/ADINEGORO2024.

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 15 Januari 2025.

Karya yang diikutsertakan harus berupa jurnalistik mendalam yang memenuhi kriteria “Investigasi, Kolaborasi, dan Inovasi.”

Karya ini harus melibatkan penyelidikan mendalam tentang isu atau topik tertentu, dilakukan secara kolaboratif, dan menggunakan inovasi dalam metodologi atau penyajian.

Inovasi bisa mencakup penggunaan teknologi canggih, platform interaktif, atau teknik penceritaan baru yang memperkaya pengalaman dan pemahaman audiens.

Karya jurnalistik dari pers kampus diharapkan menyoroti kepedulian Generasi Z sebagai warga dunia, sesuai dengan semangat Adinegoro yang berasal dari kampus STOVIA dan melanjutkan perjuangan ke tingkat global.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button