Peristiwa

Awas! Virus Nipah Bikin Geger India, Ini Gejala yang Muncul

GELARFAKTA.COM – Negara bagian Kerala di India sedang berjuang melawan wabah virus Nipah yang sudah menjadi wabah keempat sejak tahun 2018.

Dalam waktu 48 jam terakhir, hampir 800 orang telah menjalani tes di distrik Kozhikode dan dua orang telah meninggal diduga akibat virus Nipah.

Saat ini, dua orang dewasa dan seorang anak berada di rumah sakit untuk pengamatan setelah dinyatakan positif terinfeksi virus Nipah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengklasifikasikan penyakit ini sebagai salah satu yang memiliki risiko terbesar dalam menyebabkan masalah kesehatan masyarakat, karena potensi untuk menjadi epidemi dan kekurangan langkah pencegahan yang memadai.

Namun, meskipun adanya wabah virus Nipah ini, masyarakat Kanada tidak perlu khawatir karena virus ini tidak menyebar ke negara tersebut dan tidak ada kasus terkonfirmasi di sana.

Apa Itu Virus Nipah?

Virus Nipah adalah penyakit yang dapat menular antara hewan dan manusia serta melalui makanan yang terkontaminasi atau dari manusia ke manusia.

Menurut informasi dari organisasi kesehatan, penyakit ini memiliki tingkat kematian antara 40 hingga 75 persen pada orang yang terinfeksi.

Pada tahun 1999, kasus pertama virus Nipah diidentifikasi pada peternak babi di Malaysia dan Singapura.

Mayoritas kasus tersebut disebabkan oleh kontak langsung peternak dengan babi yang sakit atau dengan jaringan tubuh babi yang terkontaminasi. Sekitar 300 orang terkonfirmasi tertular dan 100 orang meninggal dunia akibat penyakit ini.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC), sejak saat itu tidak terjadi wabah lain virus Nipah di kedua negara tersebut.

Pada tahun 2001, Nipah pertama kali ditemukan di Bangladesh. Sejak itu, negara ini menghadapi wabah setiap tahunnya, dengan kasus umumnya terjadi antara bulan Desember dan Mei, menurut WHO.

Infeksi di Bangladesh diduga disebabkan oleh orang yang mengonsumsi buah atau produk buah – seperti jus kurma mentah atau getah kurma – yang telah terkontaminasi oleh urin atau air liur kelelawar pemakan buah yang memakan getah tersebut.

Menurut World Health Organization (WHO), kelelawar buah dianggap sebagai inang alami virus ini.

Pada wabah pertama virus Nipah di Kerala pada tahun 2018, terdapat bukti bahwa kelelawar buah dari Kerala telah terinfeksi virus Nipah dan menyebabkan kematian 21 dari 23 orang yang terkena.

Selanjutnya, terjadi wabah ke 2 yang terjadi di Kerala pada tahun 2019 dan 2021 yang menewaskan dua orang.

Untuk menghadapi wabah yang terjadi saat ini di negara bagian Kerala, tim telah mengumpulkan sampel urin kelelawar, kotoran hewan, dan buah yang sebagian dimakan dari desa Maruthonkara.

Desa tersebut berada di dekat hutan seluas 120 hektar yang menjadi habitat bagi beberapa spesies kelelawar.

Gejala Virus NIpah

Beberapa orang yang terinfeksi Nipah tidak menunjukkan tanda-tanda apa pun, yang dapat menyulitkan diagnosis dan menghadirkan kesulitan dalam mendeteksi wabah serta mengambil langkah-langkah pengendalian infeksi yang efektif dan tepat waktu.

Tanda-tanda awal Nipah juga bisa tidak spesifik, dan sering kali tidak segera dicurigai saat gejala muncul.

Menurut CDC, gejala biasanya muncul setelah empat hingga 14 hari terpapar dan meliputi demam, sakit kepala, serta gangguan pernapasan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan kesulitan bernapas.

Dalam kasus yang lebih serius, terjadi pembengkakan otak (ensefalitis), dan pasien bisa jatuh koma dalam waktu 48 jam.

Meskipun orang yang mengalami ensefalitis Nipah bisa pulih, CDC mencatat mereka tetap berisiko mengalami efek jangka panjang seperti kejang dan perubahan kepribadian.

CDC juga menekankan bahwa kematian akibat Nipah dapat terjadi beberapa bulan atau bertahun-tahun setelah terpapar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button