Politik dan Pemerintahan

Jembatan Jongbiru dalam Tahap Finishing, Kontraktor: Total Selesai Dua Minggu

Kediri, GelarFakta – Pengerjaan akhir atau finishing Jembatan Jongbiru dipastikan selesai dalam dua minggu mendatang.

Beberapa hari lalu, jembatan penghubung antara Kota dan Kabupaten Kediri itu sempat dibuka untuk kendaraan roda dua sebagai tes uji coba, namun kini ditutup kembali untuk menyelesaikan proses akhir.

Dikonfirmasi di lapangan, Pamungkas, selaku Koordinator Lapangan mengatakan bahwa beberapa bagian fisik, seperti pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) diperkirakan akan selesai dalam minggu ini.

“Total (dalam dua minggu ini) sudah semua selesai,” kata Pamungkas, Minggu (7/7).

Namun ketika ditanya mengenai pembukaan resmi jembatan, Pamungkas menjelaskan bahwa keputusan tersebut masih menunggu dari pihak Pemerintah Kabupaten Kediri.

Sementara itu Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Kediri mengaku pihaknya sampai saat ini masih menunggu kepastian jadwal uji coba kekuatan jembatan Jongbiru yang akan dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Dikutip dari portal kubus.id, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kediri, Irwan Chandra mengatakan bahwa pembangunan jembatan Jongbiru sudah dalam tahap finalisasi.

Saat ini, pihaknya juga masih menunggu hasil koordinasi lebih lanjut dari Balai Besar Jalan Nasional.

Sesuai mekanisme, jembatan Jongbiru baru bisa dibuka setelah lolos uji beban dan dinyatakan aman.

Meski belum bisa menyebutkan waktunya secara pasti, pihak PUPR Kabupaten Kediri menegaskan bahwa pembukaan akan dijadwalkan pada bulan Juli ini.

“Jadwal dari Balai Besar Jalan Nasional masih belum keluar. Untuk jadwal tes, kita tunggu saja sambil kontraktor melakukan perapian” katanya, Senin (8/7).

Diketahui, uji coba operasional Jembatan Jongbiru yang digelar akhir pekan kemarin disambut antusias oleh masyarakat setempat.

Mereka ramai-ramai datang untuk pertama kalinya melewati jembatan yang telah lama ditutup.

Selain melintas, mereka juga sesekali berhenti untuk berswafoto.

Uji coba Jembatan Jongbiru pada akhir pekan lalu memang dibuka untuk masyarakat umum, namun setelah uji coba, jembatan ditutup kembali.

Perlu diketahui bahwa Jembatan Jongbiru memiliki lebar 7 meter, panjang 133 meter, dan kapasitas untuk muatan seberat 10 ton.(kd1/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button