AdvertorialEkonomiPolitik dan Pemerintahan

Pemkab Kediri Salurkan Bantuan Drone untuk Petani di Purwoasri

Kediri, GelarFakta – Pemerintah Kabupaten Kediri menyalurkan bantuan teknologi pertanian berupa lima drone di Kecamatan Purwoasri.

Bantuan ini diberikan untuk menarik minat generasi milenial dalam sektor pertanian, terutama dalam hal pemupukan dan penyemprotan tanaman.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana secara langsung menyerahkan bantuan tersebut, yang mendapat apresiasi dari Ketua Gapoktan Maju Satu Pandansari, Sutrimo.

Ia menyatakan bahwa drone ini akan sangat membantu meningkatkan produktivitas para petani.

“Terima kasih Mas Bupati, petani di Kecamatan Purwoasri merasa diperhatikan dengan adanya teknologi pertanian ini. Banyak bantuan dari pemkab, provinsi, maupun pusat yang diupayakan oleh Mas Bupati sangat bermanfaat bagi petani,” ujar Sutrimo dalam keterangannya pada Selasa (2/7/2024).

Sutrimo, yang berusia 60 tahun itu mengakui bahwa tidak semua petani di wilayahnya memahami penggunaan drone pertanian.

Oleh karena itu, ia berharap bantuan ini dapat mendorong lebih banyak petani di wilayahnya untuk mengikuti kemajuan teknologi.

“Alhamdulillah Purwoasri mendapat 5 drone,” tambahnya.

Sutrimo menjelaskan bahwa ada 18 petani milenial di wilayahnya yang telah menerima pelatihan pengoperasian drone dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang juga hadir dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa jumlah petani milenial masih cukup rendah, hanya sekitar 8 persen dari total 145.000 petani di Kabupaten Kediri.

Ia berharap teknologi drone ini dapat menarik minat generasi milenial untuk terlibat dalam pengembangan sektor pertanian yang menjadi prioritas di Kabupaten Kediri.

“Drone ini adalah hal baru. Jika sudah berjalan selama 5 hingga 10 tahun, teknologi ini akan menjadi hal yang biasa,” ungkap Bupati muda yang menjabat sejak 2021 tersebut.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispertabun Kabupaten Kediri, Anang Widodo, menambahkan bahwa petani di Purwoasri tidak hanya mendapatkan drone dan gensetnya, tetapi juga dua traktor roda dua rotary.

“Hari ini kami salurkan satu drone, dan minggu depan akan diserahkan empat drone lainnya,” pungkasnya.(adv/kominfokabkdr/*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button