Ekonomi

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan PT Gudang Garam Tbk: Penggunaan Laba untuk Modal Kerja

Kediri, GelarFakta – PT Gudang Garam Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Hotel Grand Surya, Jumat (28/6/2024).

Dalam rapat tersebut, dibahas empat agenda utama yang menjadi fokus perusahaan selama tahun buku 2023.

Agenda pertama adalah persetujuan atas laporan tahunan perseroan mengenai jalannya usaha selama tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

Agenda kedua, RUPST mengesahkan neraca dan perhitungan laba rugi perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023, yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Siddharta Widjaja & Rekan.

Bagian dari laporan tahunan ini mencakup pemberian pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada para anggota direksi dan dewan komisaris atas tindakan-tindakan serta pengawasan yang telah mereka jalankan selama tahun buku 2023, sejauh tindakan-tindakan tersebut tercermin dalam neraca dan perhitungan laba rugi tersebut.

Agenda ketiga, yang menjadi sorotan, adalah persetujuan penetapan penggunaan laba perseroan untuk tahun buku 2023.

Laba yang diperoleh seluruhnya dimasukkan dalam akun saldo laba dan akan digunakan untuk menambah modal kerja perusahaan.

Dengan demikian, perseroan tidak membagikan dividen kepada pemegang saham untuk tahun buku 2023.

Agenda keempat adalah penunjukan Kantor Akuntan Publik Siddharta Widjaja & Rekan sebagai auditor perseroan untuk tahun buku 2024, atau penggantinya yang ditunjuk oleh dewan komisaris.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari laman resmi gudanggaramtbk.com, PT Gudang Garam Tbk mencatatkan laba bersih sebesar Rp 2,8 triliun pada tahun 2022.

Pada tahun 2023, perusahaan mengalami kenaikan laba signifikan menjadi Rp 5,3 triliun.

Rasio laba bruto terhadap pendapatan juga meningkat, dari 8,9 persen pada tahun 2022 menjadi 12,3 persen pada tahun 2023.(*/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button