KesehatanPolitik dan Pemerintahan

Mas Dhito dan Mbak Dewi Jalani Tes Kesehatan Rohani di RSSA Malang

Malang, GelarFakta – Setelah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bakal Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama pasangannya Dewi Mariya Ulfa melaksanakan tes kesehatan rohani di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang pada Sabtu (31/8).

Tes ini berlangsung selama sembilan jam, sebagai bagian dari persyaratan untuk penetapan mereka sebagai calon resmi Bupati dan Wakil Bupati Kediri.

Pada pukul 07.00 WIB, Dhito dan Dewi tiba di RSSA dan langsung menuju Gedung Majapahit untuk menjalani serangkaian pemeriksaan.

Tes kesehatan ini meliputi tiga komponen utama, yaitu tes kejiwaan atau psikotes, tes psikologi, serta pemeriksaan penggunaan narkoba, sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan KPU nomor 1090 tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pilkada.

Usai menjalani tes, Dhito menyatakan bahwa dirinya tidak menemui kesulitan berarti selama proses pemeriksaan, meski sempat merasakan sedikit kelelahan.

“Tidak ada persiapan khusus, kalau saya yang penting bahagia. Kalau Mbak Dewi, doanya kenceng banget,” ungkap Dhito saat konferensi pers.

Dewi juga menambahkan bahwa selama tiga bulan terakhir ia rutin berpuasa sebagai bagian dari persiapan untuk menghadapi tes kesehatan, baik rohani maupun jasmani.

“Seperti yang disampaikan Mas Dhito, bahagia, banyak istirahat, dan bahagia. Saya juga banyak berpuasa selama tiga bulan terakhir,” ujar Dewi.

Keduanya berharap hasil tes kesehatan yang dilakukan ini akan maksimal, sehingga mereka dapat melanjutkan proses pencalonan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kediri.

Dhito juga memohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Kabupaten Kediri agar seluruh rangkaian tes ini berjalan lancar hingga penetapan calon resmi pada 22 September 2024.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim, menjelaskan bahwa tes kesehatan rohani dan jasmani merupakan tahapan penting dalam seleksi bakal pasangan calon sebelum dinyatakan sebagai calon resmi.

Hasil dari tes ini nantinya akan dinilai oleh dokter yang telah dipilih oleh KPU dan akan digunakan sebagai bahan penilaian dalam penetapan pasangan calon.

Setelah tes kesehatan rohani ini, Dhito dan Dewi dijadwalkan akan menjalani tes kesehatan jasmani pada Senin (2/9) di tempat yang sama.

Seluruh hasil tes tersebut akan menjadi bagian dari penilaian akhir sebelum KPU melakukan verifikasi dan validasi administrasi calon.(pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button