Politik dan Pemerintahan

DLHKP Kota Kediri Akan Siagakan Satgas Pohon

Kediri, Gelar Fakta – Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Kota Kediri Kota berencana menyiagakan Satuan Tugas (Satgas) Pohon, untuk mengevakuasi jika ada pohon tumbang dan mengurangi dampak bencana alam.

Hal ini dilakukan, menindaklanjuti kejadian bencana alam berupa hujan lebat disertai angin kencang yang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di Kota Kediri pada, Jumat (1/4) lalu. DLHKP Kota Kediri akan bentuk satuan tugas (Satgas) khusus untuk membantu memantau perkembangan kondisi pohon yang ada di setiap kelurahan.

DLHKP Kota Kediri telah melakukan evaluasi berkaitan dengan adanya kejadian bencana alam tersebut, sehingga akan mengupayakan membentuk tim satgas memantau perkembangan kondisi pohon yang tumbuh di wilayah Kota Kediri

” Kita juga evaluasi lagi terkait keberadaan pohon itu, dengan meningkatkan sistem pemeliharaan untuk ditingkatkan. Jika sebelumnya DLHKP ada 3 satgas maka akan kita tambah lagi satu satgas untuk melakukan pememantauan yang jangkauannya lebih intensif, dan lebih jeli melihat dari sisi kekuatan serta estetika pohon,” ujar Kepala DLHKP Kota Kediri, Anang Kurniawan, Selasa (12/4/2022).

Lanjut, pegawai dinas yang akrab disapa Anang mengatakan, Meski DLHKP Kota Kediri belum mendapatkan jumlah pasti pohon yang tumbuh di Kota Kediri, namun pihaknya kini akan melakukan inventarisasi pohon besar, sedang dan kecil yang tumbuh di setiap wilayah, termasuk kawasan hijau (RTH) yang ada di masyarakat dan kawasan. untuk mengurangi dampak bencana alam terhadap masyarakat.

” Kita masih belum punya Jumlah datanya, tapi kedepannya akan memulai pendataan. Cuman di RTH publik ( masyarakat.red) jumlah pohon berukuran besar jumlahnya sangat sedikit dibandingkan pohon yang berada di lingkungan RTH private atau khusus ( instansi pemerintah.red) sehingga tidak menutup kemungkinan pohon berukuran besar dilingkungan RTH private akan dilakukan pendataan oleh petugas,”paparnya.

Selain itu, sebagai tugasnya upaya yang dilakukan oleh DLHKP Kota Kediri dirinya rasa telah maksimal dalam melakukan perawatan terhadap sejumlah pohon yang tumbuh di Kota Kediri.

” Setiap hari sudah kita laksanakan perawatan secara rutin pohon di RTH publik (masyarakat.red). Mulai dari penguatan pohon, menghindari bila terjadinya pohon tumbang, termasuk pohon dalam kategori mati kita lakukan pemotongan,” uraianya.

Terakhir, dirinya mengharapkan kepada semua masyarakat untuk tetap berhati-hati dan waspada bila terjadi hujan deras disertai angin kencang karena bisa beresiko terjadinya bencana alam. (Yan).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button