KesehatanPolitik dan Pemerintahan

KPU Kota Kediri Dampingi Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Wali Kota Kediri 2024

Kediri, GelarFakta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya, telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota Kediri periode 2024-2029.

Pemeriksaan tersebut berlangsung selama dua hari, dari 31 Agustus hingga 1 September 2024, dengan jam operasional dari pukul 07.00 hingga 15.30 WIB.

Ketua KPU Kota Kediri, Reza Cristian, menjelaskan bahwa KPU mendampingi seluruh proses pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kelancarannya dan kepatuhannya terhadap regulasi yang berlaku.

“Pemeriksaan kesehatan ini merupakan salah satu persyaratan wajib bagi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kediri. KPU berperan dalam mendampingi seluruh proses pemeriksaan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya,” ungkap Reza Cristian pada Minggu (1/9).

Jenis pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan jiwa, yang mencakup evaluasi kesehatan mental, kondisi psikologis, dan status penggunaan narkotika.

Selain itu, ada juga pemeriksaan fisik yang meliputi sejumlah spesialisasi medis seperti penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, paru-paru, bedah, urologi, ortopedi, obstetri ginekologi, neurologi, fungsi leher, serta pemeriksaan mata, telinga, hidung, tenggorok, kepala leher, gigi, dan mulut.

RSUD Dr. Soetomo Surabaya dipilih sebagai lokasi pemeriksaan karena fasilitasnya yang lengkap dan tim medis yang berpengalaman.

Pemilihan rumah sakit ini didasarkan pada rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kota Kediri dan sesuai dengan ketentuan PKPU Nomor 8 Tahun 2024 serta Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Sebelumnya, KPU Kota Kediri telah menerima berkas pendaftaran dua bapaslon Wali Kota Kediri untuk Pilkada 2024.

Kedua pasangan tersebut adalah Vinanda Prameswati – Qowimuddin Thoha dan Ferry Silviana Feronica – Regina Nadya Suwono.

Pemeriksaan kesehatan ini merupakan tahapan penting yang harus mereka lalui sebagai bagian dari proses pencalonan.(pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button