EkonomiKulinerPolitik dan PemerintahanReligi

Bank Indonesia Kediri Gelar SYIAR 2024 sebagai Road to FESyar Regional Jawa

Kediri, GelarFakta – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri mengadakan acara Semarak Ekonomi Syariah Wilayah Mataraman (SYIAR) 2024 sebagai bagian dari Road to Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2024.

Acara berlangsung pada Kamis dan Jumat, 29-30 Agustus 2024, di Aula Al Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo.

SYIAR 2024 bertujuan mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Mataraman, yang mencakup eks Karesidenan Kediri-Madiun, melalui berbagai langkah strategis seperti percepatan sertifikasi halal bagi UMKM dan inisiasi Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (KHAS).

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian menuju Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF), event terbesar di Indonesia untuk ekonomi dan keuangan syariah.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BI Kediri Yayat Cadarajat menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi berbagai pihak untuk mempercepat terwujudnya ekosistem halal di Kota Kediri.

Beberapa program yang sudah dijalankan diantaranya adalah Juru Sembelih Halal dan Sertifikasi Halal UMKM.

“Ke depan, komitmen untuk mewujudkan ekosistem halal di Kota Kediri akan terus diperkuat dengan berbagai inisiatif baru,” ungkap Yayat.

Pj Wali Kota Kediri Dr. Ir. Zanariah, M.Si. mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan BI Kediri dalam memfasilitasi pelaku usaha di Kota Kediri untuk mendapatkan sertifikasi halal.

“Antusiasme pelaku usaha di Kota Kediri sangat baik. Menurut data Disperindagin Kota Kediri, sudah ada 5.659 dari 12.251 pelaku usaha yang mengantongi sertifikat halal, mencapai 46 persen, melampaui target 30 persen,” jelas Zanariah.

Acara ini juga diisi dengan Business Matching senilai Rp2,1 miliar, Bazar UMKM, edukasi ekonomi syariah, serta Tabligh Akbar.

Sebagai penutup, berbagai lomba bertema ekonomi syariah dan operasi pasar murah digelar untuk menstabilkan harga bahan pokok di Kediri.

Bank Indonesia Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk hadir dan meramaikan kegiatan SYIAR 2024, yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan ekonomi syariah di wilayah Mataraman.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button