PendidikanPolitik dan Pemerintahan

Pj Wali Kota Kediri Pimpin Apel Besar Hari Pramuka ke-63 di Balai Kota

Kediri, GelarFakta – Apel Besar Hari Pramuka ke-63 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Kediri berlangsung meriah di Halaman Balai Kota Kediri, Selasa (20/8).

Acara ini dipimpin langsung oleh Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Kediri.

Dalam sambutannya, Zanariah mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Pramuka yang memperingati Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024.

Ia menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka telah memainkan peran penting dalam membentuk generasi muda yang berjiwa Pancasila dan siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagaimana tema Hari Pramuka ke-63 tahun ini, ‘Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI,’ Gerakan Pramuka telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda yang tangguh,” ujar Zanariah.

Zanariah juga menegaskan bahwa Gerakan Pramuka di Kota Kediri tidak hanya terbatas pada kegiatan berkemah dan berjelajah, tetapi juga berkontribusi aktif di bidang lain, seperti penanaman pohon, kegiatan peduli lingkungan, serta program Pramuka produktif.

“Saya mendapat informasi dari Kak Marsudi bahwa setiap gugus depan kini didorong untuk memiliki produk unggulan. Ini memotivasi anggota Pramuka untuk terus berinovasi dan menciptakan produk baru, yang selaras dengan program unggulan Pemerintah Kota Kediri untuk menciptakan wirausaha baru,” kata Zanariah.

Ia juga berharap bahwa dengan kolaborasi bersama Gerakan Pramuka, Kota Kediri dapat menjadi pusat ekonomi dan perdagangan, baik di wilayah Kediri Raya maupun secara nasional, terutama dengan adanya Bandara Internasional Dhaha Kediri yang membuka peluang ekspansi pasar lebih luas.

Di akhir amanatnya, Zanariah menekankan pentingnya transformasi kurikulum Gerakan Pramuka agar dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.

“Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing guna menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. Sumber daya manusia yang kita persiapkan harus berjiwa Pancasila, dengan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka sebagai nilai-nilai dasar,” tutupnya.

Salah satu momen penting dalam apel besar ini adalah penyematan tanda penghargaan Gerakan Pramuka.

Pertama, Lencana Melati diberikan kepada enam orang sebagai penghargaan atas jasa dan pengabdian luar biasa mereka bagi Gerakan Pramuka.

Kedua, Lencana Dharma Bakti diserahkan kepada empat orang yang telah berkontribusi dalam pembinaan dan pengembangan kepramukaan melalui tenaga, pikiran, dana, dan fasilitas.

Selain itu, sebanyak 79 orang menerima Lencana Pancawarsa sebagai penghargaan atas kesetiaan mereka selama lima tahun atau kelipatannya dalam Gerakan Pramuka.

Terakhir, Lencana Garuda diserahkan kepada 625 Pramuka Garuda, yang terdiri dari 396 Pramuka Garuda Siaga, 162 Pramuka Garuda Penggalang, 54 Pramuka Garuda Penegak, dan 13 Pramuka Garuda Pandega.

Penghargaan ini diberikan kepada Pramuka yang telah menyelesaikan syarat kecakapan umum sesuai dengan golongan masing-masing.

Pada akhir acara, dilakukan pemecahan dan penyerahan hasil bumbung kemanusiaan kepada penerima yang merupakan anggota Pramuka Kota Kediri, sebagai bagian dari komitmen mereka untuk terus berkontribusi kepada masyarakat.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button