EkonomiPolitik dan PemerintahanWisata

Desa Wisata Sempu Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata 2024

Kediri, GelarFakta – Desa Wisata Sempu di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, berhasil masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2024.

Desa yang terletak di lereng Gunung Kelud ini menawarkan segudang potensi, mulai dari wisata alam, wisata buatan, produk UMKM, kerajinan, hingga seni budaya.

Desa Sempu memadukan potensi alam, pertanian, peternakan, seni, dan budaya dalam satu paket wisata yang menarik.

Pengunjung akan disambut oleh suasana pedesaan yang asri, udara sejuk, dan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Dalam pelaksanaan ADWI 2024 dengan tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia,” peserta dinilai berdasarkan beberapa kategori, termasuk daya tarik, amenitas, digital, kelembagaan dan SDM, serta pengelolaan berkelanjutan.

“Saya sudah coba beberapa pengalaman di sini, dari pentas musiknya hingga budayanya. Meskipun cuma sekitar 10-15 menit, tapi kita sudah mendapatkan feel-nya. Yang luar biasa adalah agro-tourism dan budayanya,” ujar Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, Florida Pardosi, Senin (28/07).

Florida menilai bahwa Desa Wisata Sempu memiliki daya tarik alam dan buatan yang signifikan, seperti Sempu Exotic Park, Kampung Anggrek, dan Kampung Indian.

Kemenparekraf, menurut Florida, tidak hanya melakukan visitasi tetapi juga memberikan masukan dan feedback untuk mendorong kemajuan desa wisata ini.

“Karena dari rintisan jadi berkembang. Bisa berkembang menjadi maju. Setelah itu baru mandiri. Tetap semangat dan kami percaya bahwa Desa Wisata Sempu akan naik kelas untuk tahun berikutnya,” pungkas Florida.

Ditemui usai kegiatan, Ir. Adi Suwignyo, M.Si., Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, menyampaikan rasa syukurnya lantaran Desa Sempu termasuk 50 desa wisata terbaik di Indonesia.

“Ini adalah bentuk pengembangan wisata yang ada di Kabupaten Kediri untuk mendukung sektor pariwisata dan membantu pemberdayaan ekonomi di sekitar Gunung Kelud,” katanya.

Ia menambahkan bahwa dukungan Pemerintah Kabupaten Kediri dalam sektor pariwisata, khususnya akses jalan dari pusat kota menuju tempat wisata, sudah maksimal.

“Kami akan terus mendorong pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Kediri agar dapat menunjang perekonomian warga sekitar,” ungkapnya.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button