EkonomiGaya HidupHiburanPendidikanPolitik dan PemerintahanSeni BudayaWisata

Karya Kreatif Mataraman 2024: Inovasi dan Digitalisasi untuk Masa Depan Berkelanjutan

Kediri, GelarFakta – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kediri akan menggelar Karya Kreatif Mataraman (KKM) 2024.

Acara ini bertema “Inovasi dan Digitalisasi untuk Masa Depan Berkelanjutan” dan merupakan bagian dari rangkaian event nasional Karya Kreatif Indonesia (KKI) serta Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI).

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari perayaan Hari Jadi Kota Kediri yang ke-1145, dan akan berlangsung pada tanggal 28 – 30 Juni 2024 di dua lokasi, yaitu Balai Kota Kediri dan Kediri Town Square, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan dari 13 Kota/Kabupaten.

Tujuan Karya Kreatif Mataraman 2024 adalah mengembangkan produk UMKM unggulan di wilayah eks-Keresidenan Kediri Madiun (wilayah Mataraman) serta mempercepat digitalisasi untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Pameran ini akan menampilkan produk dari 88 UMKM, termasuk wastra unggulan, produk industri kreatif dan potensi ekspor, kuliner tradisional, serta berbagai hiburan menarik lainnya.

“KKM 2024 merupakan wujud nyata komitmen kami dalam mendukung UMKM dan mendorong inovasi serta digitalisasi di wilayah Mataraman,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, M Choirur Rofiq.

Selain itu, KKM 2024 juga menampilkan Djagabhumi Fashion Show yang melibatkan 24 desainer lokal unggulan dari wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Kediri.

Fashion show ini mengusung konsep sustainable fashion dengan memperkenalkan wastra mataraman yang menggunakan pewarna alami dan diaplikasikan menjadi busana ready to wear dengan sentuhan modern.

Dalam rangka akselerasi digitalisasi, KKM 2024 juga akan menghadirkan berbagai talkshow digitalisasi di Kediri Town Square dengan berbagai tema seperti perkembangan sistem pembayaran dan investasi kreatif.

Selain itu, akan ada wahana edukasi dan berbagai lomba di Atrium Kediri Town Square dan Balai Kota Kediri yang diselenggarakan bekerja sama dengan instansi seperti Dinas Pendidikan Kota Kediri, Kementerian Agama Kota Kediri, dan komunitas-komunitas seperti E-Sport Indonesia Kota Kediri, Komunitas Kopi, Komunitas Standup Indonesia Kediri, serta Forum Kampung Bahasa – Kampung Inggris.

“Digitalisasi merupakan kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Kami berharap acara ini dapat mendorong lebih banyak UMKM untuk memanfaatkan teknologi dalam bisnis mereka,” tambah Rofiq.

Sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi, KKM 2024 juga bekerja sama dengan TPID Kota Kediri dan Bulog Divre Kediri untuk menyelenggarakan Operasi Pasar Murah pada tanggal 29-30 Juni pukul 14:00-16:00 WIB di titik nol.

Selain itu, akan ada Cooking Class bahan pangan olahan bersama Chef Ragil untuk edukasi masyarakat mengenai diversifikasi pangan dan peningkatan pemanfaatan bahan pangan olahan.

Kegiatan menarik lainnya termasuk Digifun Run, pertunjukan spesial Standup Comedy dari komika Wawan Saktiawan dan Yoyon, serta hiburan musik dari berbagai band.

Kantor Perwakilan BI Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk hadir meramaikan kegiatan KKM 2024 dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi perekonomian, khususnya dalam pengembangan UMKM unggulan serta akselerasi digitalisasi di wilayah Mataraman.

Rangkaian Kegiatan di Atrium Kediri Town Square:
– Jumat, 28 Juni 2024: Soft Opening & Lomba Story Telling CBP Rupiah; FriTalk “Diginet (Digital Netizen): Maya atau Nyata?”; E-Sports Competition
– Sabtu, 29 Juni 2024: Digitalization Speech Contest: “Cashless Society”; Ngopi: “Anti Fomo – Kreatif Berinvestasi di Era Digital”; Modern Dance Competition
– Minggu, 30 Juni 2024: E-Sports Competition; Talkshow – NongQRIS: “Cuan Manis Pakai QRIS”; Lomba Stand Up Comedy dengan Komika Wawan Saktiawan

Rangkaian Kegiatan di Balai Kota Kediri:
– Sabtu, 29 Juni 2024:
– Lomba Cerdas Rupiah
– Lomba Jingle CBP Rupiah
– Kediri Voice Competition
– Opening Ceremony
– Launching Logo Hari Jadi Kota Kediri ke-1145
– Djagabhumi Fashion Show
– Minggu, 30 Juni 2024:
– Digi Fun Run
– Latte Art Competition
– Cooking Class Bahan Pangan Olahan bersama Chef Ragil
– Closing Ceremony(*/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button