PendidikanPolitik dan Pemerintahan

Harlah Pancasila 2024 di Kota Kediri: Semangat Bela Negara Sesuai Profesinya

Kediri, GelarFakta – Pj Walikota Kediri, Zanariah, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersemangat dalam bela negara.

Ajakan ini disampaikan saat menghadiri Seminar Bela Negara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Gedung Setyo Santoso, Makodim 0809 Kediri, pada Sabtu (1/6).

“Tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa adalah panggilan bagi kita semua untuk bela negara. Semua anak bangsa harus tergerak dan bergerak untuk bela negara sesuai dengan bidang pengabdiannya masing-masing. Panggilan untuk bela negara bisa dilakukan melalui pengabdian profesi di berbagai bidang kehidupan masing-masing,” jelas Zanariah.

Zanariah menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan masyarakat sesuai profesi masing-masing adalah bukti nyata kecintaan mereka terhadap tanah air.

Mereka rela berkorban untuk bangsa dan negara, bahkan melebihi kewajiban yang diberikan negara kepada mereka.

Tugas semua pihak adalah memastikan semangat ini terus menyala dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Kesadaran bela negara tidak tumbuh dengan sendirinya, tetapi harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan kewarganegaraan.

Pj Walikota Kediri mengingatkan bahwa anak-anak perlu diajak untuk mencintai bangsanya dan tanah airnya, sehingga memiliki kebanggaan menjadi bagian dari Indonesia.

Nilai-nilai bela negara harus ditanamkan dengan cara-cara kreatif, inovatif, dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

“Oleh karena itu, Kota Kediri telah menyiapkan ruang atau wadah bagi generasi penerus untuk berkreasi. Kita punya banyak ruang terbuka hijau yang bisa digunakan untuk kegiatan positif namun harus tetap dijaga,” tambahnya.

Sementara itu, Kolonel Kal Nanto Nurhuda. perwakilan dari Kementerian Pertahanan menuturkan bahwa bela negara tidak harus dilakukan dengan angkat senjata, tetapi melalui profesi masing-masing.

“Bela negara harus ditanamkan pada anak-anak zaman sekarang karena tantangan ke depan lebih sulit dan sangat besar. Musuh yang dihadapi ke depan tidak hanya penjajah, tetapi bisa datang dari teman sendiri, negara sendiri, dan lingkungan kita sendiri,” jelasnya.

Hadir dalam acara ini Dandim 0809 Letkol Inf Aris Setiawan, Asisten Administrasi Umum Tanto Wijohari, Kepala Dinkop UMTK Bambang Priambodo, Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur Rohman Amrullah, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kota Kediri M. Aksonul Huda, dan Ketua MPO Pemuda Pancasila Abu Bakar Abdul Jalil.(pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button