Hukum dan KriminalPendidikanPeristiwa

Sopir Bus Pariwisata SMP PGRI Wonosari Malang Ditetapkan Tersangka

Jombang, GelarFakta – Yanto, 36, sopir Bus Pariwisata Bimario yang mengangkut rombongan study tour SMP PGRI Wonosari Malang, ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Satlantas Polres Jombang.

Warga Dusun Bendorejo, Desa Gembongan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar itu terbukti mengantuk dan tertidur saat mengemudikan bus di KM 695+400 jalur A Tol Jombang-Mojokerto (Jomo) pada Rabu (21/5/2024) pukul 23.45 WIB.

Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Nur Arifin menjelaskan, bus Bimario nomor polisi W 7422 UP diketahui melaju dengan kecepatan tinggi membawa rombongan study tour dari SMP PGRI Wonosari Malang.

Saat itu, bus dalam perjalanan pulang dari Jogja. Namun, kondisi sopir yang tertidur menyebabkan bus menabrak truk muatan gerabah bernomor polisi N 9674 UH yang berjalan searah di depannya.

“Bekas pengereman yang sebelumnya ditemukan sepanjang 69 meter itu ternyata adalah bekas pengereman truk di belakang bus, bukan pengereman bus,” kata AKP Nur Arifin, Minggu (26/5/2024).

Temuan lain dari olah TKP mengungkap bahwa rem bus berfungsi, namun sopir tidak melakukan pengereman, sehingga benturan bus ke bagian belakang truk terjadi dengan sangat keras.

Selain itu, ditambah lagi menurut saksi sopir truk, tidak ada isyarat klakson maupun lampu dari sopir bus sebagai tanda untuk mendahului.

“Selain itu, temuan lain menunjukkan bahwa bus tersebut melaju dengan kecepatan di atas 100 km/jam, yang jauh melebihi batas kecepatan yang diizinkan,” tambah AKP Nur Arifin.

Akibat kelalaian tersebut, polisi menjerat sopir bus dengan Pasal 310 ayat 2 dan ayat 4 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang ancamannya kurungan hingga enam tahun.

“Artinya ini murni karena human error,” pungkas AKP Nur Arifin.

Diberitakan sebelumnya, sebuah kecelakaan tragis terjadi di Tol Jombang pada Rabu (21/5/2024) pukul 23.45 WIB, tepatnya di KM 695+400 jalur A Tol Jombang-Mojokerto.

Insiden ini melibatkan sebuah bus pariwisata yang membawa rombongan siswa SMP PGRI 1 Wonosari, Malang, yang menabrak bagian belakang truk bermuatan gerabah.

Kecelakaan ini mengakibatkan dua orang tewas, yaitu kernet bus dan seorang guru.(jb1/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button