EkonomiKulinerWisata

Meriahnya Acara Grebeg Tumpeng Tahu di Jombang

Jombang, GelarFakta – Lapangan Dusun Subentoro Desa Sumbermulyo Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang, nampak meriah pada Jumat (6/10/2023) sore.

Lautan manusia terlihat antusias menunggu arak-arakan puluhan gunungan atau tumpeng tahu tiba.

Sementara puluhan gunungan tumpeng tahu itu, masih dibawa berkeliling kampung setempat dengan jarak sekitar 3 kilometer.

Di tengah kerumunan warga ini, juga terdapat satu gunungan tumpeng tahu raksasa yang memiliki tinggi sekitar 5 meter.

Tak lama berselang, puluhan gunungan mini yang dihias para pengusaha tahu desa setempat ini tiba.

Usai tertata rapi dan digelar berdoa bersama, warga langsung berebut gunungan tumpeng tahu mini tersebut.

“Acara grebeg tahu, tiap tahun itu pasti ada. Jadi ini acara maulid nabi, terus diadakan grebeg tahu. Seru saya ikut dari awal arak-arakan tahu itu sampai royokan (rebutan,jawa-red) selesai,” ujar Rida, 27, salah satu warga.

Kendati harus saling dorong dan berdesakan, ibu rumah tangga desa setempat ini mengaku senang.

“Usahanya tadi ya royok-royokan (saling berebut,jawa-red) itu. Ini cuma senang saja, aslinya tidak seberapa harganya. Saya dapat banyak ini, ada belasan bungkus tahu. Rencananya mau dibuat makan bersama keluarga di rumah nanti,” tandasnya.

Usai berebut gunungan tumpeng tahu mini, panitia kemudian melepas gunungan tumpeng tahu berukuran raksasa.

Saat itu, pagar pembatas masuk juga sampai jebol lantaran banyaknya warga yang saling dorong demi bisa berebut gunungan tumpeng tahu raksasa tersebut.

Sementara itu, Fuad, Kepala Desa Sumbermulyo menyampaikan bahwa grebeg tahu ini merupakan rangkaian acara dalam memperingati maulid nabi.

Acara syukuran tersebut rutin digelar setahun sekali.

“Tujuannya di sini agar supaya pengusaha tahu bisa ada wadah untuk paguyuban. Untuk masalah gunungan pada hari ini ada 48 tumpengan tahu dan ditambah 1 gunungan tumpeng tahu raksasa,” ungkap Fuad saat diwawancarai.

Terdapat berbagai jenis tahu yang disediakan, mulai dari tahu goreng, tahu biasa, tahu susu, tahu kuning dan lain sebagainya.

Selain tahu, warga juga menyediakan aneka sayuran dan buah-buahan.

Lanjut Fuad menilai, antusias warga cukup bagus untuk turut serta memeriahkan acara tersebut sehingga diharapkan kedepannya para produsen tahu desa setempat sekaligus warganya terus diberikan kelancaran, serta untuk desanya selalu dijauhkan dari bala dan musibah.

“Alhamdulillah acara berlangsung baik dan lancar. Untuk tumpeng-tumpeng tahu ini tadi diarak dari balai desa menuju ke panggung penghormatan. Terus jadi rebutan. Antusias warga sangat bagus sekali pada acara grebeg tahu ini,” pungkasnya.(jb1/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button