Kesehatan

Wabah Virus Nipah Menyebar di Kerala dengan Ganas

GELARFAKTA.COM – Otoritas India yang berwenang telah menggelar tes massal sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran virus Nipah yang mematikan.

Virus Nipah ini telah menewaskan dua orang di negara bagian Kerala di selatan India. Pada hari Kamis, pejabat mengumumkan pembatasan pertemuan publik dan penutupan beberapa sekolah. Ini adalah wabah keempat yang terjadi di wilayah tersebut sejak tahun 2018.

Penyebaran virus nipah sebagian besar disebabkan oleh kelelawar, yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Nipah adalah virus langka namun serius yang dapat ditularkan oleh kelelawar dan dapat menyebabkan gejala seperti demam, muntah, serta infeksi saluran pernapasan pada manusia.

Kasus yang parah dapat mengakibatkan kejang dan ensefalitis, yang merupakan peradangan pada otak dan dapat menyebabkan koma.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tingkat kematian akibat virus ini berkisar antara 40 hingga 75%.

Saat ini belum ada vaksin yang diketahui untuk penyakit ini, sehingga perawatan yang umum diberikan adalah perawatan suportif.

Apa itu Virus Nipah?

Wabah Nipah pertama kali tercatat pada tahun 1998 setelah virus tersebut menyebar di antara para peternak babi di Malaysia dan Singapura.

Virus ini diberi nama sesuai dengan nama desa di mana virus tersebut pertama kali ditemukan.

Penyakit ini dapat menular kepada manusia secara langsung melalui kontak dengan cairan tubuh dari kelelawar dan babi yang telah terinfeksi, dengan beberapa kasus penularan antar manusia yang tercatat.

Flying fox adalah pembawa alami virus ini. Joanne Macdonald, seorang profesor teknik molekuler di Universitas Sunshine Coast, menjelaskan bahwa virus ini dibawa oleh kelelawar buah yang biasanya berada di puncak pohon.

Mereka bisa mengotori buah dengan kotoran mereka, dan ketika orang memakan buah-buahan tersebut, mereka bisa tertular virus dan kemudian mengalami penyakit.

“Setelah terinfeksi, satu-satunya perawatan yang tersedia adalah istirahat, menjaga hidrasi, dan mengatasi gejala.”

Para ilmuwan khawatir bahwa ada potensi munculnya varian virus yang bermutasi dengan tingkat penularan yang sangat tinggi dari kelelawar.

Meskipun wabah penyakit ini jarang terjadi, Nipah telah dimasukkan dalam daftar WHO sebagai salah satu penyakit yang harus diprioritaskan dalam penelitian, bersama dengan Ebola, Zika, dan Covid-19, karena memiliki potensi untuk menyebabkan epidemi global.

Nipah merupakan salah satu jenis Henipavirus yang berhubungan dengan virus Hendra yang pertama kali ditemukan di Australia dan dapat menyebabkan kematian pada manusia dan kuda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button