Ekonomi

Sulap Sungai Jadi Ladang Pembesaran Ikan Nila

Kediri, Gelar Fakta – Tak hanya untuk aliran air ke persawahan, salah satu sungai yang berada di Dusun babaan Desa Tugurejo Kecamatan Ngasem ini juga memiliki manfaat lain bagi warga setempat, yaitu jadi tempat pembesaran ikan air tawar jenis Nila.

Dengan cara pembesaran Nila langsung di sungai diyakini ikan jadi lebih segar dan tentunya lebih sehat.

Hal ini dikarenakan proses pembesaran secara alami.

“Pastinya lebih sehat karena alami. Kalau di kolam selalu mengaliri air. Makan juga dari voer. Jadi pasti beda hasilnya nanti,” ujar Bayu, warga setempat.

Jika dilihat dari kondisi lingkungan sendiri memang memberikan kesan sejuk serta air segar dan jernih.

Ini yang menjadikan warga percaya akan hasil yang bakal dicapai.

Tempat pembesaran sendiri dibuat dari bambu yang dipotong kecil-kecil kemudian dirangkai menjadi kotak persegi panjang untuk mencegah ikan lepas terbawa arus sungai.

Kurang lebih dengan panjang 1,5 meter x 3 meter, tempat untuk pembesaran ini tertata rapih di sungai.

Sudah 9 kotak yang diletakan di sepanjang sungai tersebut. Namun akan dilakukan penambahan lagi kalau hasil panen sesuai harapan warga.

Bayu sendiri menuturkan bahwa meski telah berjalan beberapa bulan, hal itu juga menghemat segala sesuatu baik dari segi tenaga maupun pakan.

“Ya menggemat tenaga. Kalau di kolam biasa pasti butuh sirkulasi air itu pakai listrik harus selalu memantau juga, pakan juga beli. Kalau cara ini lebih hemat tenaga dan waktu. Hampir dua bulan ini baru dimulai,” tuturnya.(van)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button