Politik dan Pemerintahan

Disperindagin Kota Kediri Gelar Pelatihan SIINas Bagi Puluhan Pelaku Usaha

Kediri, Gelar Fakta – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) yang diikuti oleh puluhan pelaku industri bertempat di Hotel Lotus.

Kabid Perindustrian Disperindagin Kota Kediri, Lilin Nuryani, menjelaskan, pihaknya menyelengarakan kegiatan yang digelar selama Dua hari dengan diikuti oleh puluhan peserta dan mendatangkan narasumber yang berkompeten dalam bidangnya yakni dari perwakilan DPMPTSP Kota Kediri dan Disperindag Provinsi Jawa Timur yakni terkait bimtek SIINas, akun tersebut yang membuat dari, Kementrian Perindustrian Perdagangan.

” Rata rata UKM di Kota Kediri, belum mempunyai akun SIINas padahal sesuai regulasi Undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang perindustrian setiap industri harus melaporkan kegiatan usahanya secara berkala lewat akun tersebut,” kata Kabid Perindustrian Disperindagin Kota Kediri, Lilin Nuryani, Rabu (18/5/2022).

Lanjut lilin, upaya ini juga untuk memenuhi target kinerja Pemerintah Kota Kediri mengingat bahwa Persentase data industri yang masuk dalam SIINas merupakan salah satu Indikator Kinerja Kunci dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang setiap tahunnya akan dilaporkan Walikota Kediri kepada pemerintah pusat.

Untuk itu, pihaknya mengundang sejumlah pengusaha dalam bidang UMKM di Kota Kediri untuk mengikuti sosialisasi yang dirasa sangat bermanfaat demi kemajuan usaha yang mereka geluti.

“Setiap hari 15 orang, jadi kita laksanakan selama 2 hari jadi pesertanya 30 orang, 20 orang diantaranya sudah punya akun SIINas, tapi mereka kadang-kadang masih kesulitan dalam hal mengoperasikan dan banyak pilihan menu dalam akun tersebut. Makanya kita datangkan dari Dinas Disperindagin untuk menjelaskan kepada peserta secara langsung,” imbuhnya.

Terakhir, Lilin, menambahkan, kegiatan, bimtek SIINas akan dilakukan kembali pada kesempatan berikutnya, karena di Kota Kediri sendiri tercatat sekitar 1700 pelaku UMKM, mengingat pelatihan ini harus bisa maksimal pesan dan informasi yang diberikan oleh kedua narasumber maka digelar secara terbatas untuk pelaksanaan kali ini.

” Kita laksanakan secara bertahap, selain jadwal kegiatan dari Dinas Disperindag Provinsi Jatim juga padat, maka kita ikutkan sebanyak 30 peserta. Mungkin di Tahun mendatang akan kita selenggarakan lagi, ” ungkapnya. (Yan)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button