Politik dan Pemerintahan

Survei SMRC: Dukungan Hanindhito-Dewi Ungguli Deny-Mudawamah di Pilbup Kediri 2024

Kediri, GelarFakta – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa, mendapatkan dukungan jauh lebih tinggi dibandingkan pasangan Deny Widyanarko dan Mudawamah, berdasarkan survei terbaru dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC).

Survei yang dilakukan pada periode 12-17 Oktober 2024 ini menunjukkan keunggulan signifikan pasangan petahana.

“Dalam simulasi surat suara, dukungan kepada pasangan Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa mencapai sekitar 79,6 persen, sedangkan pasangan Deny Widyanarko-Mudawamah hanya memperoleh 13,0 persen. Sebanyak 7,5 persen responden tidak tahu atau tidak menjawab,” ujar Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani, dalam rilis yang disampaikan pada Selasa (22/10).

Deni menjelaskan bahwa keunggulan tersebut erat kaitannya dengan popularitas masing-masing calon.

Hanindhito Himawan Pramana, atau yang akrab disapa Mas Dhito, lebih dikenal dan dipilih oleh masyarakat dibandingkan Deny Widyanarko.

Dari survei tersebut, diketahui bahwa Mas Dhito dikenal oleh 93 persen warga, sedangkan Deny Widyanarko hanya dikenal oleh 48 persen.

“Selain lebih dikenal, tingkat penerimaan atau ‘likeability’ Hanindhito juga lebih tinggi, yakni mencapai 95 persen dibandingkan Deny yang hanya 65 persen,” tambah Deni.

Selain faktor popularitas, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja petahana juga turut mempengaruhi elektabilitas Hanindhito.

Survei menemukan bahwa 90 persen warga merasa puas dengan kinerja Hanindhito Himawan Pramana selama menjabat sebagai Bupati Kediri.

“Tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kinerja Hanindhito ini sangat berperan dalam mendongkrak elektabilitasnya saat ini,” jelas Deni.

Survei SMRC ini dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan menyasar masyarakat Kabupaten Kediri yang berusia di atas 17 tahun.

Total responden yang terlibat berjumlah 1.210 orang yang dipilih secara acak, dengan margin of error sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button