AdvertorialGaya HidupPolitik dan Pemerintahan

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana Buka Perlombaan Burung Berkicau

Kediri, GelarFakta – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana membuka perlombaan burung berkicau yang diselenggarakan oleh Pelestari Burung Indonesia (PBI) di lapangan Pemerintah Kabupaten Kediri, Minggu (11/8).

Mas Dhito, sapaan Bupati Kediri, berharap perlombaan burung berkicau ini dapat terus berlanjut dan tidak hanya sebagai ajang bagi para pelestari burung untuk menyalurkan hobi mereka, tetapi juga sebagai sarana untuk menyosialisasikan pelestarian burung yang baik.

“Prinsip kami di Pemerintah Kabupaten Kediri adalah terus mendukung. Dukungan kami tidak hanya untuk lomba ini saja, tetapi juga bagaimana kita bisa menerima masukan dari teman-teman PBI untuk pelestarian burung yang baik dan benar,” ujar Hanindhito.

Perlombaan burung, yang diberi nama Piala Mas Bup, memperebutkan trofi Kerajaan Kediri dan dimulai dengan pelepasan burung.

Jenis burung yang dilombakan meliputi branjangan, cendet, murai batu, kacer, anis merah, anis kembang, dan cucak ijo, yang mayoritas merupakan hasil penangkaran.

Penasehat PBI Cabang Kabupaten Kediri, Agus Pia Kurniawan, menyebutkan bahwa meskipun perlombaan ini hanya berskala lokal, antusiasme pendaftar tidak hanya berasal dari wilayah Kediri dan berbagai daerah di Jawa Timur, tetapi juga dari Palembang, Jakarta, Bali, Jogja, dan berbagai daerah di Jawa Tengah.

“Kami membuka satu lapangan dan diikuti oleh 972 peserta,” ungkap Agus Pia.

Agus Pia juga menambahkan bahwa PBI Cabang Kabupaten Kediri melakukan pembinaan terhadap sekitar 89 penangkar dengan ciri ring berwarna silver. Sebagai harapan Bupati, PBI diakui tetap mengutamakan pelestarian burung.

“Perlombaan ini hanya sebagai sarana untuk memperkenalkan burung yang kita lestarikan dan tangkarkan,” tandasnya.(adv/kominfokabkdr/*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button