KesehatanPendidikanPolitik dan Pemerintahan

Pemkot Kediri Gencarkan Program Kesehatan untuk Turunkan Angka Stunting

Kediri, GelarFakta – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan terus berupaya menurunkan angka stunting di wilayahnya.

Program ini difokuskan pada peningkatan asupan gizi bagi balita, ibu hamil, dan penurunan angka kelahiran di luar pernikahan.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 tahun 2024, Pemkot Kediri menggelar serangkaian kegiatan edukatif di Sport Center Ngronggo pada Kamis (25/7).

Acara ini dihadiri oleh 370 peserta yang terdiri dari balita dan pendampingnya, dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi yang baik bagi anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr. Muhammad Fajri Mubasysyir, menjelaskan bahwa kegiatan HAN tahun ini mencakup lomba pengukuran antropometri oleh kader, lomba senam cuci tangan, dan lomba penyuluhan kesehatan oleh siswa-siswi tingkat SD se-Kota Kediri, yang berasal dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pesantren, Kota, dan Mojoroto.

“Perlu diketahui bahwa Kota Kediri telah mengalami penurunan angka stunting sebesar 7 persen, sementara target nasional dari pemerintah pusat adalah 14 persen. Ini menunjukkan bahwa Kota Kediri sudah hampir mencapai target zero stunting. Saat ini, terdapat sekitar 700 balita di bawah umur dua tahun yang masih terindikasi stunting di tiga kecamatan Kota Kediri,” ungkap dr. Fajri.

Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 23 hingga 25 Juli 2024, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting.

Pk Walikota Kediri, Zanariah, yang turut hadir dalam acara tersebut, menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak untuk mencapai target penurunan stunting.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung program-program kesehatan yang bertujuan menurunkan angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak di Kota Kediri. Dukungan dari seluruh lapisan masyarakat sangat penting untuk mencapai tujuan ini,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala DP3AP2KB Arief Cholisudin Yuswanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Anang Kurniawan, dan Kepala Disbudparpora Zachrie Ahmad, yang semuanya berkomitmen mendukung program-program kesehatan untuk menurunkan angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak di Kota Kediri.(kd1/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button