EkonomiPolitik dan Pemerintahan

Bupati Kediri Salurkan BLT untuk Pengembangan Usaha PKL

Kediri, GelarFakta – Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada ratusan pedagang kaki lima (PKL) di Kecamatan Wates.

Bantuan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan usaha para PKL.

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri, menekankan bahwa bantuan yang diterima para PKL harus digunakan untuk mengembangkan usaha mereka, bukan untuk keperluan lainnya.

“Saya minta bantuan yang diberikan pemerintah hari ini digunakan untuk kebutuhan usaha Anda,” kata Mas Dhito kepada para PKL di Pendopo Kecamatan Wates, Kamis (30/5/2024).

Sebanyak 187 pedagang di Kecamatan Wates menerima bantuan BLT dengan jumlah antara Rp1,5 juta hingga Rp10 juta, tergantung pada estimasi kebutuhan masing-masing pedagang.

Dalam acara tersebut, seorang pedagang menyampaikan keluhannya tentang biaya sekolah anaknya yang kini duduk di bangku SMA.

“Ini berbarengan dengan ujian. Anak saya kelas 2 SMA. Terus terang, jika uangnya dipakai dulu untuk biaya sekolah bagaimana, soalnya banyak tunggakan,” ujar Ahmad, seorang pedagang dari Plaosan.

Menanggapi hal ini, Mas Dhito menegaskan bahwa bantuan tersebut tidak boleh digunakan untuk membayar biaya sekolah. Namun, ia berjanji akan memberikan beasiswa untuk anak pedagang tersebut.

“Anak Anda akan saya beri beasiswa, Anda tidak perlu menggunakan uang ini untuk biaya sekolah. Kami akan menanggung biaya sekolah anak Anda,” kata Mas Dhito.

Mas Dhito juga menegaskan bahwa pemerintah akan melakukan pemantauan dalam waktu satu bulan setelah bantuan diberikan untuk memastikan bahwa uang tersebut digunakan untuk pengembangan usaha.

“Kita akan memantau setelah ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Kediri, Santoso, menjelaskan bahwa penyerahan bantuan tunai ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan bupati dengan para PKL pada akhir 2023 lalu.

Pihaknya melakukan proses verifikasi dan menghitung besaran bantuan yang akan diberikan untuk memenuhi kebutuhan pedagang dalam mengembangkan usaha.

“Dengan bantuan ini, diharapkan kendala yang dihadapi pedagang dapat teratasi dan mereka bisa mengembangkan usahanya,” tambah Santoso.

Penyaluran bantuan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para PKL dalam mengembangkan usaha mereka dan meningkatkan perekonomian lokal.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button