AdvertorialKesehatan

Informasi Layanan di Poli Saraf di RSUD Jombang

Jombang, GelarFakta – RSUD Jombang mengadakan dialog interaktif pada hari Jumat (03/05/2024) dengan tema pencegahan dini penyakit stroke dalam program Humas Menyapa RSUD Jombang.

Dialog interaktif ini dipimpin oleh dr. Aditya Kusumo Riswanto, Sp.N, KSM Neurologi RSUD Jombang, yang membahas tentang pencegahan dini penyakit stroke.

Dr. Aditya Kusumo Riswanto menjelaskan bahwa penyakit stroke merupakan gangguan pembuluh darah di otak yang terjadi secara mendadak.

“Penyakit stroke dibagi menjadi dua jenis, yaitu stroke sumbatan dan stroke pendarahan,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pengenalan gejala stroke sangat penting. “Gejala yang paling utama adalah ‘SeGeRa Ke Rumah Sakit’,” katanya.

Artinya, Se, senyum dilihat apakah simetris atau tidak. Ge, gerakan kiri dan kanan tidak sama. Ra, artinya apakah bicaranya ada pelo atau tidak jelas. Ke adalah kelemahan atau kesemutan artinya kesemutan separuh sakit, harus dibawa ke rumah sakit.

“Jika mengalami gejala seperti itu, segera dibawa ke rumah sakit karena semakin cepat dilakukan tindakan, semakin baik kondisi pasien,” tambahnya.

Dr. Aditya juga menyarankan untuk melakukan medical check-up secara berkala, termasuk pemeriksaan tensi darah, kolesterol, gula darah, dan asam urat.

“Apalagi jika sudah pernah mengalami stroke, perlu mencegah agar tidak terkena serangan stroke berulang,” jelasnya.

Dia menekankan pentingnya kesadaran masyarakat Jombang dan sekitarnya untuk mengenali gejala stroke dan segera mendapatkan pertolongan medis.

“Jangan ragu untuk datang ke RSUD Jombang untuk konsultasi atau pemeriksaan lebih lanjut,” tutupnya.(adv/rsudjombang/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button