EkonomiPendidikan

Jelang Tahun Ajaran Baru Omzet Pedagang Seragam Sekolah Melambung

Kediri, Gelar Fakta – Menjelang tahun ajaran baru 2022, toko-toko seragam sekolah di Kota Kediri mulai ramai dikunjungi pembeli sejak seminggu terakhir.

Salah satunya toko seragam sekolah Monalisa yang berada di Kawasan Stasiun Kediri. Banyak pembeli yang terlihat mengantre dari pagi hingga sore hari.

Muasih Setiawan, pemilik toko yang sudah berdiri sejak tahun 1970 ini mengaku, tahun ini benar-benar tahun berkah.

Dirinya tidak menyangka bahwa di tahun ajaran baru ini dirinya mampu menjual ribuan stel dalam beberapa hari.

“Tahun ini sangat berayukur. Sudah 1 minggu ramai pembeli. Tapi 4 hari inj mengalami lonjakan pembeli. Sehari bisa 300-400 pembeli,” ujar Muasih.

Kondisi ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun kemarin. Banyak pedagang mengeluh akibat adanya pembelajaran daring, sehingga seragam maupun perlengkapan sekolah jarang terjual.

“Waktu corona penjualan nihil. Di tahun 2021 para pembeli cuma membeli satu stel. Tahun ini orang-orang membeli 3 stel bahkan lebih,” imbuh Muasih.

Menyikapi meroketnya pembeli dari seminggu terakhir. Muasih bahkan mengaku telah menyiapkan 30 pegawai untuk memproduksi seragam baik SD, SMP maupun SMA.

“Pegawai saya total 15 orang. Satu orang dalam sehari bisa 50 stel. Ini pembeli membludak jadi nambah lagi 15 orang untuk jaga-jaga,” tambahnya.

Mira, salah satu pembeli yang sempat ditemui mengungkapkan, dirinya sangat senang karena anaknya yang baru saja masuk Sekolah Dasar bisa menikmati pembelajaran tatap muka.

“Ya seneng ini langsung beli 3 stel. Karena pasti masuk sekolah. Kalau dulu kakaknya tidak saya belikan soalnya banyak onlinenya,” tuturnya.(van)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button