Politik dan Pemerintahan

Dhito Janji Benahi Data Bansos Jika Terpilih Kembali sebagai Bupati Kediri

Kediri, GelarFakta – Calon Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, berkomitmen untuk membenahi data bantuan sosial (bansos) bagi warga kurang mampu jika terpilih kembali untuk periode kedua.

Mas Dhito, sapaan akrabnya, menekankan bahwa pembenahan data bansos merupakan tanggung jawab pemerintah daerah yang harus diselesaikan oleh kepala daerah terpilih.

Menurut Mas Dhito, penyaluran bansos selama ini masih sering tidak tepat sasaran, sehingga langkah pertama yang akan diambil adalah melakukan pembenahan data awal.

Salah satu strateginya adalah melakukan pertemuan rutin dengan RT/RW sebelum pelaksanaan musrenbangdes setiap tahunnya untuk memastikan data bansos diperbarui dan akurat.

“Saya akan tahu mana warga di setiap RT/RW yang benar-benar tidak mampu dan membutuhkan bantuan,” ujar Cabup nomor urut 02 ini setelah melakukan pertemuan dengan warga di Kecamatan Gurah, Jumat (18/10).

Data yang diterima dari RT/RW tersebut, lanjut Mas Dhito, akan divalidasi melalui survei lapangan untuk memastikan kesesuaiannya dengan kondisi riil masyarakat.

Ia berharap dengan cara ini, penyaluran bansos bisa lebih tepat sasaran.

Mas Dhito juga menegaskan pentingnya kepala daerah untuk memperhatikan pelayanan dasar, khususnya di bidang sosial.

Ia tidak ingin ada warga, terutama lansia, yang terlantar akibat kesalahan dalam pendataan bansos.

“Saat ini, masih banyak warga yang sebenarnya mampu, tetapi tetap menerima bansos. Pemerintah harus hadir dan memastikan bahwa bantuan sosial ini benar-benar diberikan kepada mereka yang membutuhkan,” pungkasnya.

Dengan langkah-langkah pembenahan ini, Mas Dhito berharap bisa memperbaiki ketepatan penyaluran bansos di Kabupaten Kediri pada masa mendatang.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button