Politik dan Pemerintahan

Panwascam Mojoroto Gelar Tes Wawancara Calon Pengawas TPS, Antusiasme Tinggi

Kediri, GelarFakta – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Mojoroto, Kota Kediri, melaksanakan tes wawancara bagi calon anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di kantor sekretariat Panwascam Mojoroto, Selasa (15/10).

Tes ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, mulai 15 hingga 16 Oktober 2024, dengan partisipasi 278 peserta.

Ketua Panwascam Mojoroto, Yudi Purwoko, S.HI., menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaring calon pengawas yang kompeten dalam mengawasi jalannya Pemilu 2024.

Tes wawancara tersebut meliputi lima aspek penting, seperti pengetahuan kepemiluan, integritas diri, komitmen dan motivasi, kemampuan komunikasi dan kerja sama, serta kepemimpinan dan kemampuan berorganisasi.

Selain itu, pengetahuan terkait muatan lokal turut menjadi bahan penilaian.

“Kami mengutamakan integritas dan kualitas kepemimpinan dari para calon pengawas. Tugas mereka sangat penting dalam memastikan kelancaran dan kejujuran proses pemungutan hingga penghitungan suara,” ujar Yudi.

Jumlah peserta di Mojoroto lebih tinggi dibandingkan dengan Kecamatan Pesantren, yang hanya diikuti oleh 227 peserta.

Sebanyak 154 PTPS reguler dan 2 PTPS khusus untuk Lapas Kelas II B Kota Kediri diperlukan di Mojoroto.

Setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya akan diawasi oleh satu PTPS untuk memastikan proses pemilu berjalan sesuai aturan.

Salah satu calon peserta, Zain Azis dari Kelurahan Bandar Lor, menyampaikan harapannya untuk dapat berkontribusi dalam menjaga kejujuran dan keadilan Pemilu di wilayahnya.

“Saya ingin berperan aktif dalam mengawasi pemilu di daerah saya, menjaga agar berlangsung jujur dan adil,” ungkap Zain.

Hasil seleksi PTPS di Mojoroto akan diumumkan pada 23 Oktober 2024, setelah proses wawancara selesai dan penilaian aspek-aspek penting dilakukan.(pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button