AdvertorialPolitik dan Pemerintahan

Dukungan Penuh Pemkab Kediri di TMMD ke-122 untuk Pembangunan Daerah

Kediri, GelarFakta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kediri, Heru Wahono Santoso, secara resmi membuka Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 di Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, pada Rabu (2/10).

Upacara pembukaan ini dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kediri dan sejumlah pejabat penting lainnya.

Heru Wahono dalam sambutannya menyampaikan bahwa program TMMD merupakan salah satu bentuk sinergi antara pemerintah daerah dengan TNI untuk mempercepat pembangunan di daerah-daerah yang masih tertinggal, terutama di zona kemiskinan.

“TMMD ini menjadi momentum penting bagi Kabupaten Kediri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangun infrastruktur yang mendukung perekonomian daerah,” jelasnya.

Mengusung tema Dharma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah, program ini mendukung pengembangan kawasan Selingkar Wilis, yang merupakan salah satu proyek strategis nasional sesuai Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019.

Program TMMD ke-122 akan berlangsung selama 30 hari, mulai dari 2 Oktober hingga 31 Oktober 2024.

Sasaran fisik yang dikerjakan dalam TMMD ini meliputi pembangunan jalan makadam sepanjang 1.500 meter yang menghubungkan Kecamatan Semen dan Banyakan, rehabilitasi 20 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan tiga titik sumur bor, serta renovasi fasilitas keagamaan seperti musala.

Di samping itu, ada berbagai program non-fisik, seperti pengobatan gratis, pelayanan KB, penyuluhan hukum, serta pelatihan UMKM, pertanian, peternakan, dan tata boga untuk mendukung peningkatan ekonomi kerakyatan.

Heru Wahono juga menegaskan bahwa TMMD ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Kediri dalam meningkatkan kualitas infrastruktur serta memperkuat sektor ekonomi kerakyatan berbasis kearifan lokal.

Program ini diharapkan mampu mendukung aksesibilitas wilayah, termasuk integrasi dengan Bandara Internasional Dhoho Kediri yang akan membawa dampak besar bagi perkembangan wilayah Kediri dan sekitarnya.

“Kami berharap dengan adanya TMMD ini, wilayah Semen, Grogol, Banyakan, Tarokan, dan Mojo bisa lebih maju, terutama dalam hal infrastruktur dan ekonomi. Ini semua demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kediri,” pungkas Heru.

Pelaksanaan TMMD ke-122 ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, memperbaiki akses masyarakat terhadap layanan kesehatan dan pendidikan, serta memperkuat ketahanan sosial di Kabupaten Kediri.(adv/kominfokabkdr/*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button