Politik dan PemerintahanReligi

Risma dan Gus Hans Ziarah ke Makam Pendiri NU di Jombang

Jombang, GelarFakta – Menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024, pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans), menggelar ziarah ke sejumlah makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) di Kabupaten Jombang, Rabu (20/9).

Ziarah ini menjadi bagian dari rangkaian kunjungan Risma, termasuk sebelumnya ke makam Bung Karno di Blitar.

Ziarah dimulai di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, dengan Risma dan Gus Hans menunaikan tahlil dan tabur bunga di makam KH. Hasyim Asy’ari, Gus Dur, dan Umi Kalsum.

Risma menyatakan memiliki ikatan emosional dengan para pendiri NU.

“Nenek saya dimakamkan di sini. Walaupun dulu saya masih kecil dan tidak ikut mengantarkan ke sini, saya sempat merawat jenazahnya di Surabaya,” ungkap Risma setelah ziarah.

Ia juga menjelaskan bahwa ziarah ini tidak berkaitan dengan politik, melainkan tradisi yang sudah lama ia jalani.

“Saya sering ziarah, bukan karena politik, tapi lebih karena penghormatan kepada leluhur,” lanjutnya.

Risma mengenang pengalaman menutup lokalisasi Dolly di Surabaya, yang mendapat sorotan dari para kiai di Tambakberas, Jombang.

Ia mengingat bagaimana para kiai menanyakan keberaniannya dalam mengambil keputusan tegas tersebut.

“Saya diundang oleh kiai-kiai Tambakberas, mereka heran dengan keberanian saya menutup Dolly. Yai Mutawakil akhirnya berkata bahwa saya memang keturunan panglima perang, dan beliau menawarkan bantuan pasukan,” kenang Risma.

Meskipun dilaksanakan di tengah pencalonan Risma sebagai Gubernur Jawa Timur, ia menegaskan bahwa ziarah tersebut murni sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama dan leluhur NU, bukan bagian dari strategi kampanye.(jb1/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button