Hukum dan KriminalPolitik dan Pemerintahan

Pemerintah Kota Kediri Dukung OPS Mantap Praja Semeru 2024 untuk Keamanan Pilkada

Kediri, GelarFakta – Dalam upaya menjamin keamanan dan ketertiban selama tahapan pemilihan serentak kepala daerah 2024, Pemerintah Kota Kediri mendukung penuh pelaksanaan OPS Mantap Praja Semeru 2024 yang akan digelar oleh Polres Kediri Kota mulai tanggal 19 Agustus 2024.

Kolaborasi ini terwujud dalam rapat koordinasi yang berlangsung di ruang Rupatama Wicaksana Laghawa, Polres Kediri Kota, pada Selasa (13/8).

Kapolres Kediri Kota, AKBP Bramastyo Priaji, yang membuka acara tersebut, mengungkapkan pentingnya operasi ini mengingat masa rawan menjelang pemilihan serentak kepala daerah.

“Operasi ini bertujuan untuk mengamankan seluruh tahapan pilkada dengan mengedepankan langkah preemtif dan preventif yang didukung oleh penegakan hukum,” terang AKBP Bramastyo.

Kapolres juga mengharapkan sinergi dan kolaborasi dari semua pihak terkait, termasuk Pemerintah Kota Kediri, dalam menciptakan suasana pemilu yang kondusif.

“Kami berharap kerjasama dari semua stakeholder, baik Pemerintah Kota Kediri, KODIM 0809, maupun pemangku kepentingan lainnya, dapat terjalin dengan baik untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang aman dan kondusif,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit, yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan OPS Mantap Praja Semeru 2024.

Menurutnya, untuk mencapai kondusifitas dalam pemilihan serentak, diperlukan sinergi dari berbagai pihak.

“Kita tidak bisa hanya mengandalkan KPU sebagai penyelenggara atau Bawaslu sebagai pengawas saja. Kolaborasi dari pemerintah daerah, TNI, kepolisian, serta masyarakat sangat penting untuk kesuksesan pemilihan serentak ini,” ujar Bagus.

Lebih lanjut, Bagus Alit menambahkan bahwa Pemerintah Kota Kediri telah menghibahkan dana pada akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 sebagai bentuk dukungan untuk pemilihan serentak.

“Kami juga telah melakukan sosialisasi pendidikan politik kepada masyarakat dengan harapan agar pemilihan serentak tahun ini tidak hanya berjalan aman dan sukses, tetapi juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih,” tuturnya.

Pelaksanaan OPS Mantap Praja Semeru 2024 akan berlangsung selama 135 hari, mulai 19 Agustus hingga 31 Desember 2024. Sebanyak 2.285 personel, terdiri dari 576 personel Polres, 31 personel TNI, dan 1.678 personel Linmas, akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button