PendidikanPolitik dan PemerintahanSeni Budaya

Latihan Intensif Tarian Khas Banjar untuk Pembukaan Porwanas XIV Kalsel

Banjarmasin, GelarFakta – Latihan intensif sedang digelar untuk 75 penari yang akan tampil dalam pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV di Kalimantan Selatan pada 20 Agustus mendatang.

Latihan ini berlangsung masif di halaman Taman Budaya pada Minggu (11/8) malam, di mana para penari menghafal dan menjiwai koreografi yang telah disiapkan.

Para penari ini akan menampilkan tarian khas daerah Banjar yang mengangkat unsur budaya, wisata, dan adat istiadat setempat.

Tarian ini akan menceritakan tiga destinasi wisata utama di Kalimantan Selatan: Pasar Terapung, pendulangan intan, dan Geopark Meratus.

Menurut koreografer Ferdi Irawan, untuk semakin menghidupkan tarian dan alur ceritanya, para penari akan mengenakan pakaian tradisional seperti kain balian, tapih jarik, dan pakaian khas pedalaman Meratus.

“Tarian ini akan menggambarkan perjalanan seorang wartawan yang mengunjungi Pasar Terapung, bertemu dengan seorang wanita lokal, dan kemudian menjelajahi Geopark Meratus serta pendulangan intan. Dalam perjalanan tersebut, akan ada berbagai elemen adat istiadat Banjar yang diangkat dalam tarian ini,” jelas Ferdi.

Para peserta Porwanas XIV Kalsel akan disuguhi pertunjukan berdurasi sekitar 15 menit yang menampilkan perpaduan musik japin, panting, dan gamelan banjar.

Penari-penari tersebut merupakan gabungan dari beberapa sanggar, termasuk Excelcor Dance Project, Sanggar Ayu Putri, Banyiur Talent Management Project, serta mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM).(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button