KulinerPolitik dan Pemerintahan

Pj Wali Kota Kediri Zanariah Resmikan Street Food Festival Explorasa

Kediri, GelarFakta – Pj Wali Kota Kediri Zanariah secara resmi membuka Street Food Festival Explorasa di Halaman Balai Kota Kediri, pada Sabtu (10/8).

Tahun ini, festival kuliner yang sudah dinantikan masyarakat ini menampilkan 50 pedagang kaki lima (PKL) yang telah lolos seleksi administrasi dan penjurian lapangan oleh tim dari Disperdagin, Satpol PP, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, serta PKK Kota Kediri.

“Senang sekali event yang sudah dinantikan masyarakat Kediri bisa hadir kembali. Alhamdulillah, tahun ini merupakan kali keempat Explorasa digelar sebagai daya tarik wisata kuliner,” ujar Zanariah.

Zanariah mengamati bahwa produk lokal Kota Kediri selalu laris manis setiap kali ada bazar UMKM, menunjukkan antusiasme masyarakat dalam mendukung produk lokal.

Selain berbagai jajanan, Explorasa kali ini juga dimeriahkan dengan lomba kreasi menu berbahan dasar tahu yang diikuti oleh 12 PKL, live cooking demo, lomba konten media sosial, dan live music.

“Diharapkan dengan beragamnya acara di Explorasa ini, banyak masyarakat yang hadir untuk meramaikan, menikmati kuliner, dan hiburan. Semoga acara ini dan event serupa di Kota Kediri dapat memberikan manfaat jangka panjang, seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong masyarakat untuk berwirausaha. Teruntuk PKL, semoga omzetnya bertambah dan usahanya bisa naik kelas,” ungkapnya.

Zanariah juga menambahkan bahwa sebagai langkah strategis untuk menjadikan Indonesia pusat industri halal dunia, pemerintah akan menerapkan implementasi wajib halal mulai Oktober 2024.

Untuk mendukung hal ini, Pemkot Kediri secara rutin memberikan pelatihan dan fasilitasi sertifikasi halal.

Ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Kediri untuk menjamin kualitas serta keamanan produk bagi konsumen.

“Saya harap ke depan seluruh PKL di Kota Kediri memiliki sertifikat halal, tidak hanya untuk menjamin produk yang dijual sesuai syariat Islam tetapi juga untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan daya saing di pasar,” imbuhnya.

Dalam Lomba Kreasi Menu Berbahan Tahu, Kedai Mie Ayam Atong berhasil meraih juara I. Juara II diraih oleh Pizza Happ, juara III oleh Kedai Nufan, juara harapan I oleh Pisang Goreng Mumtaz, dan juara harapan II oleh Wontonlicious.

Lomba ini dinilai oleh tiga dewan juri, yakni Chef Agus, Pj Ketua TP PKK Novita Bagus Alit, dan Linda dari LPK Kusuma. Pj Wali Kota Kediri juga turut mencicipi beberapa menu yang mengikuti lomba.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button