AdvertorialKesehatanPolitik dan Pemerintahan

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 untuk Kabupaten Kediri

Kediri, GelarFakta – Pemerintah Kabupaten Kediri menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024, penghargaan pertama kalinya bagi Kabupaten Kediri di masa kepemimpinan Bupati Hanindhito Himawan Pramana.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen Kabupaten Kediri dalam memberikan jaminan kesehatan bagi warga.

Hingga Agustus 2024, capaian UHC Kabupaten Kediri mencapai 96,84 persen dari total penduduk sebanyak 1.684.454 jiwa. Untuk mendukung jaminan kesehatan ini, alokasi anggaran Kabupaten Kediri pada tahun 2024 sekitar Rp133.082.233.800.

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, menyatakan bahwa capaian UHC harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan dan akses kesehatan di setiap tingkat. Ia berkomitmen untuk memonitor pelayanan di puskesmas maupun rumah sakit daerah.

“Pelayanan terhadap pasien ini akan saya cek betul,” ujar Bupati Hanindhito, yang akrab disapa Mas Dhito, pada Kamis (8/8).

Pemerintah Kabupaten Kediri terus meningkatkan akses pelayanan kesehatan dengan membuka layanan poli sore di rumah sakit daerah dan puskesmas.

Peningkatan sarana fisik juga dilakukan melalui pembangunan gedung baru di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk menambah ruang rawat inap.

Dengan adanya UHC, Mas Dhito menekankan bahwa semua warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan harus mendapatkan akses yang sama, tidak hanya bagi mereka yang mampu membayar. Kualitas pelayanan kesehatan juga harus terus ditingkatkan.

“Akses pelayanan kesehatan yang diberikan tentunya harus bermutu,” ungkapnya.

Menjelang akhir tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Kediri menargetkan capaian UHC mencapai 98 persen.

Untuk mencapai target tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Ahmad Khotib, menyebutkan bahwa warga kurang mampu akan didaftarkan melalui Program Bantuan Iuran Daerah (PBID) atau ke Kementerian Sosial untuk yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, pemerintah daerah mendorong peran dunia usaha untuk mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta JKN.

Bagi warga yang mampu dan bukan pekerja penerima upah, diimbau untuk mendaftar secara mandiri.

Sebagaimana diketahui, pada acara penerimaan penghargaan UHC Award 2024 di Krakatau Ballroom TMII, Jakarta Timur, Kamis (8/8) siang, Bupati Hanindhito Himawan Pramana diwakili oleh Wakil Bupati Dewi Mariya Ulfa.(adv/kominfokabkdr/*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button