EkonomiGaya HidupPendidikanPolitik dan Pemerintahan

Pj Wali Kota Kediri Buka Acara Hari Indonesia Menabung di SMPN 9

Kediri, GelarFakta – Pj Wali Kota Kediri Zanariah membuka rangkaian acara Hari Indonesia Menabung di SMPN 9 Kota Kediri pada Jumat (2/8).

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pelajar dari SD Negeri/Swasta/MI/MIN, SMP Negeri/Swasta/MTs, dan SLB se-Kota Kediri.

“Hari ini, OJK bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kediri untuk merayakan Hari Indonesia Menabung. Berbagai kegiatan telah dipersiapkan, termasuk penanaman pohon yang bertujuan menjaga lingkungan agar tetap asri dan indah,” ujar Zanariah.

Zanariah menjelaskan bahwa berdasarkan survei OJK tahun 2022, tingkat inklusi keuangan di Kota Kediri mencapai 87,85 persen, melebihi rata-rata nasional.

Namun, tingkat literasi keuangan di Kota Kediri masih 20,21 persen, jauh di bawah rata-rata nasional sebesar 49,68 persen.

Meski masyarakat Kediri sudah mudah mengakses layanan keuangan, pengetahuan tentang produk-produk keuangan masih perlu ditingkatkan.

Untuk mengatasi hal ini, Pemkot Kediri bersama OJK dan KPwBI melalui TPAKD meluncurkan program yang menargetkan ibu rumah tangga, penyandang disabilitas, mahasiswa, UMKM, dan masyarakat umum.

Khusus untuk pelajar, ada program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) yang diperkuat dengan surat edaran Pj Wali Kota Kediri nomor 500/183/419.021/2024, yang menetapkan hari Rabu sebagai Hari Rajin Menabung bagi pelajar.

“Saya berharap acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk menyalurkan bakat dan prestasi, tetapi juga mendorong pelajar Kota Kediri untuk rajin menabung sejak dini. Ini juga akan membantu menanamkan budaya disiplin dalam mengelola keuangan,” ungkapnya.

Zanariah menambahkan bahwa meski menabung terkesan sederhana, tidak semua orang dapat melakukannya secara konsisten.

Menabung mengajarkan disiplin, tanggung jawab, dan membantu mencapai impian serta memberikan rasa aman.

“Ingatlah, menabung bukan hanya tentang menyimpan uang, tetapi juga tentang menghargai setiap rupiah yang dimiliki. Saya mengajak kalian untuk mulai menabung sejak dini, tidak perlu besar, yang penting konsisten. Setiap rupiah yang ditabung hari ini adalah langkah kecil menuju masa depan yang lebih cerah dan sejahtera,” tambahnya.

Sementara itu Kepala OJK Kediri Ismirani Saputri menjelaskan bahwa tema Hari Indonesia Menabung tahun ini adalah “Menabung Untuk Indonesiaku”.

Hari Indonesia Menabung diperingati pada 20 Agustus, dan bulan Agustus ditetapkan sebagai bulan menabung.

Rangkaian acara hari ini meliputi penanaman pohon, lomba mewarnai, talkshow, cerdas cermat, serta penyerahan simbolis pembukaan rekening pelajar.

Selain itu, akan ada pemilihan sekolah teraktif yang mendukung pertumbuhan rekening Simpanan Pelajar.

Selama bulan Juni-Juli, tercatat 1.577 rekening baru dibuka, sementara jumlah rekening aktif Simpanan Pelajar di Kota Kediri mencapai 41.672.

“Harapannya, anak-anak akan memahami pentingnya menabung dan menerapkan budaya menabung untuk menyisihkan, bukan hanya menyisakan. Dengan demikian, mereka akan semakin paham dalam pengelolaan keuangan,” jelas Ismirani.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button