EkonomiKulinerPolitik dan Pemerintahan

Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Kediri, Stabilkan Pasokan dan Harga

Kediri, GelarFakta – Pemerintah Kabupaten Kediri, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP), kembali menggelar Gerakan Pangan Murah dan penyerahan bingkisan sembako untuk masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi daerah.

Acara berlangsung di Balai Desa Kawedusan, Kecamatan Plosoklaten, pada Rabu (31/7).

Plt. Kepala Dinas DKPP Kabupaten Kediri, Tutik Purwaningsih, yang diwakili oleh Kepala Bidang Ketersediaan Distribusi dan Kerawanan Pangan, Arbai, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan arahan dari Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, atau akrab disapa Mas Dhito.

Sebanyak 200 bingkisan sembako diserahkan kepada masyarakat Desa Kawedusan.

“Kegiatan ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menstabilkan harga dan pasokan bahan pangan pokok di Kabupaten Kediri. Kami bekerja sama dengan Perum Bulog, PT SGN, PT Prima Fresh Mart, Gapoktan, dan UMKM setempat. Setiap bingkisan berisi 3 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan 2 kg gula pasir,” terang Arbai.

Arbai menambahkan bahwa dalam Gerakan Pangan Murah kali ini, harga bahan pokok dijual lebih murah dari harga pasaran.

Beras SPHP dijual seharga Rp57.000 per 5 kg, telur Rp25.000 per kg, gula pasir Rp15.000 per kg, minyak goreng Rp15.000, cabai Rp65.000 per kg, bawang merah Rp14.000 per kg, dan bawang putih Rp33.000 per kg.

Selain itu, masyarakat juga dapat memeriksakan kesehatan secara gratis berkat kolaborasi dengan Puskesmas Kecamatan Plosoklaten.

“Dengan Gerakan Pangan Murah ini, kami berharap masyarakat tidak panik dalam membeli bahan pokok. Stok bahan pangan di Kabupaten Kediri masih tercukupi. Mas Bupati berpesan agar kami dapat melayani masyarakat dengan baik sehingga kebutuhan pangan pokok dapat terpenuhi,” tambahnya.

Winarko, 42, salah satu warga Desa Kawedusan, mengungkapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Kediri atas kegiatan ini.

Pada bulan Agustus 2024, Gerakan Pangan Murah akan dilanjutkan di empat titik berikutnya, yaitu Kecamatan Mojo, Kepung, Kandat, dan Grogol.(*/pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button