PeristiwaReligiSeni BudayaWisata

Grebeg Suro Bersih Desa Warnai Peringatan Hari Jadi Kota Kediri ke-1145

Kediri, GelarFakta – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Kediri ke-1145 tahun 2024, Kelurahan Tosaren, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri menggelar Tradisi Grebeg Suro Bersih Desa di Padukuhan Tirtoudan pada Minggu (21/7).

Acara meriah ini diinisiasi oleh Paguyuban Kademangan Tirtoyudho.

Rangkaian kegiatan Grebeg Suro kali ini meliputi kirab budaya, jamasan pusaka, tawur tumpeng agung, wilujengan, kembul jenang suro, pertunjukan kesenian kuda lumping, dan doa bersama di punden Mbah Demang.

Tema yang diusung tahun ini adalah “Durga Mendak Kala Sirna Murih Hayuning Sasami,” yang bermakna menjaga keharmonisan dan kemakmuran bersama.

Kepala Kelurahan Tosaren, Joko Prayitno, SE, menyatakan bahwa kegiatan Grebeg Suro ini tidak hanya sebagai pelestarian budaya Jawa tetapi juga mempererat silaturahmi antar warga.

“Warga sangat antusias mengikuti dan memeriahkan acara ini,” ujarnya.

Joko juga menambahkan bahwa acara ini terlaksana berkat dukungan anggaran dari pemerintah daerah dalam memperingati Hari Besar Islam (PHBI).

Kegiatan kirab budaya menempuh jarak sekitar tiga kilometer, dimulai dari samping kantor Kelurahan Tosaren hingga berakhir di Pedanyangan Mbah Demang Tirtoyudho di Padukuhan Tirtoudan.

Seluruh warga, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mengenakan pakaian adat Jawa dan membawa arak-arakan berupa buceng, gunungan sayur-sayuran, serta kesenian jaranan seperti pembarong, caplokan, pentulan, dan penari kuda lumping.

Keunikan acara ini juga terlihat dengan partisipasi warga Perancis, Christoper, yang mengenakan pakaian adat Jawa dan mengikuti kirab hingga punden Mbah Demang untuk doa bersama.

Adi Santoso, salah satu warga Tirtoudan, menyampaikan bahwa tradisi Grebeg Suro ini menjadi momen penting bagi warga untuk berkumpul, gotong royong, dan saling tolong menolong.

“Semoga setiap tahun tetap digelar,” ucapnya.

Acara Grebeg Suro ini ditutup dengan doa bersama dan tasyakuran atau selamatan di makam Kademangan Tirtoyudo.(kd1/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button