Politik dan Pemerintahan

KPU Kabupaten Kediri Lantik Ribuan PPS untuk Persiapan Pilkada 2024

Kediri, GelarFakta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri melantik ribuan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Gedung Bagawanta Bhari sebagai bagian dari persiapan Pilkada serentak yang akan digelar pada tahun 2024.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Parmas, Sosdiklih, dan SDM, Nanang Qosim mengungkapkan bahwa 1.032 anggota PPS yang dilantik berasal dari 343 desa/kelurahan, dengan masing-masing desa diwakili oleh tiga anggota.

“Tugas utama mereka adalah merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) seiring dimulainya tahapan Pilkada serentak 2024,” ujarnya.

Dikatakan Nanang, pada bulan September nanti, daftar pemilih harus sudah tersusun untuk Pilkada tahun 2024.

Nanang berpesan agar seluruh anggota PPS menjalankan tugas dengan amanah dan baik, serta memanfaatkan waktu seefektif mungkin.

Ia menekankan pentingnya mengikuti semua instruksi dari KPU RI melalui KPU Kabupaten Kediri.

Saat ditanya tentang persiapan Pilkada serentak, Nanang menyebutkan bahwa akan ada dua kegiatan utama, yakni Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Umum Bupati (Pilbup).

“Kami berharap teman-teman bisa benar-benar menjaga integritas dan komitmen sebagai penyelenggara. Bahwa kita dalam rumah atau dalam pelaksanaan kegiatan,” tambahnya.

Nanang juga menekankan pentingnya menjaga hubungan baik dengan semua peserta dan pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Ia menyampaikan bahwa terdapat evaluasi positif dari pemilu sebelumnya, dengan partisipasi pemilih yang meningkat meskipun pada Pilkada 2020 lalu hanya mencapai 65 persen karena pandemi Covid-19.

“Kami berharap pada tahun 2024 ini, partisipasi pemilih dapat meningkat,” pungkas Nanang.

Pelantikan ini menandai langkah awal penting dalam persiapan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Kediri, dengan harapan bahwa semua tahapan dapat berjalan lancar dan partisipasi masyarakat semakin meningkat.(pty/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button