Politik dan Pemerintahan

Pj Bupati Jombang Dorong Optimalisasi PBB P2 dan Genjot PAD

Jombang, GelarFakta – Pj Bupati Jombang, Sugiat, mengadakan pertemuan dengan Kepala Desa dan Kepala Dusun di Kecamatan Bareng dan Kecamatan Wonosalam pada Rabu (10/01/2024).

Dalam pertemuan tersebut, Sugiat menekankan pentingnya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2).

Sugiat menyampaikan bahwa keberhasilan berbagai program pembangunan dan pelayanan publik ditentukan oleh penerimaan sektor pajak sebagai salah satu sumber pembiayaannya.

“Pajak memegang peranan sangat penting dalam struktur penerimaan negara maupun daerah, untuk itu Pemerintah Kabupaten Jombang akan mengoptimalkan Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2),” ujar Pj Bupati Jombang.

Dalam evaluasi kinerja, Sugiat menyoroti implementasi Elektronifikasi Pajak. Ia juga menyampaikan apresiasi pada Kecamatan yang berhasil melunasi pajak dengan cepat.

“Saya sampaikan terima kasih pada Kecamatan yang pajaknya lunas lebih cepat. Semua pajak harus lunas. Semua persoalan yang tidak bisa diselesaikan harus bisa diselesaikan,” tandasnya.

Masih Sugiat, Pemerintah Kabupaten Jombang akan mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah dengan fokus pada manfaat pajak daerah. Pajak daerah menjadi sumber pendapatan yang dominan untuk pembiayaan pembangunan, sosial kemasyarakatan, fasilitas umum, dan infrastruktur.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak daerah terutama dari PBB-P2 di Kabupaten Jombang demi meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan seluruh masyarakat Kabupaten Jombang,” harapnya.

Sementara, dalam acara tersebut juga disampaikan materi sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2024, yang disampaikan oleh Hartono, Kepala Bapenda Jombang di Pendopo Kecamatan Bareng dan Kecamatan Wonosalam.(jb1/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button