Kesehatan

Cemilan Dalam Porsi Kecil: Tips untuk Mengendalikan Kalori Saat Diet

GELARFAKTA.COM – Mengendalikan porsi cemilan dalam ukuran kecil adalah kunci untuk menjaga asupan kalori saat Anda sedang menjalani diet.

Bagi siapa saja yang menjalani diet, janganlah takut untuk mengonsumsi cemilan pastikan memilih yang penuh dengan nutrisi.

Saat mengonsumsi cemilan atur pola sadar diri agar tidak terlalu banyak memakannya dan membuat program diet menjadi gagal.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mengendalikan kalori saat Anda ingin menikmati camilan dalam porsi yang lebih kecil:

  1. Bagi cemilan kecil

Daripada makan camilan langsung dari kemasannya, alihkan sebagian cemilan ke dalam piring kecil atau mangkuk kecil. Ini akan membantu Anda mengendalikan seberapa banyak yang Anda makan.

  1. Hindari camilan dari kemasan besar

Lebih baik membeli camilan dalam kemasan kecil atau dalam porsi individu untuk menghindari godaan untuk makan berlebihan.

  1. Rencanakan camilan Anda

Buat jadwal untuk camilan Anda dan tetap berpegang pada rencana ini. Hindari camilan yang tidak direncanakan.

  1. Camilan berdasarkan rasa lapar

Sebelum Anda mencari camilan, pertimbangkan apakah Anda benar-benar lapar atau hanya ingin menggoyang lidah.

Jika Anda hanya ingin makan camilan karena bosan atau stres, cobalah berbagai aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari makanan.

  1. Hindari makan sambil menonton TV

Makan saat menonton televisi atau saat melakukan aktivitas lain yang membutuhkan perhatian Anda sering kali menyebabkan makan berlebihan. Alihkan perhatian saat makan untuk lebih menyadari rasa kenyang.

  1. Pilih camilan rendah kalori

Pilih camilan yang rendah kalori, rendah gula, dan rendah lemak. Sayuran segar, buah-buahan segar, yogurt rendah lemak, atau kacang almond adalah pilihan yang baik.

  1. Gunakan piring kecil

Makan camilan dari piring kecil akan memberi ilusi porsi yang lebih besar, membuat Anda merasa kenyang dengan jumlah yang lebih kecil.

  1. Perhatikan tanda-tanda kenyang

Ketika Anda mulai merasa kenyang, berhenti makan camilan. Beri waktu beberapa menit untuk tubuh Anda merespons rasa kenyang.

  1. Minum air

Minum segelas air sebelum camilan dapat membantu meredakan rasa lapar Anda, sehingga Anda akan lebih mungkin untuk mengendalikan porsi camilan.

  1. Jangan makan dari kemasan besar

Alihkan sebagian cemilan ke piring kecil atau wadah kecil daripada makan langsung dari kemasan besar. Ini akan membantu Anda lebih sadar tentang berapa banyak yang Anda konsumsi.

  1. Catat asupan camilan

Mencatat asupan camilan Anda dalam jurnal makanan dapat membantu Anda mengidentifikasi pola makan dan mengendalikan porsi.

Mengendalikan porsi camilan adalah langkah penting dalam menjaga kalori Anda saat diet.

Dengan kesadaran dan disiplin, Anda dapat menikmati camilan dalam porsi yang lebih kecil dan tetap mencapai tujuan diet Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button