Wisata

Nikmati Berlibur dan Belajar di Wisata Sejarah Candi Borobudur, Ini Harga Tiketnya!

GELARFAKTA.COM – Indonesia memiliki banyak warisan budaya yang sangat berharga. Salah satu yang paling terkenal di Indonesia dan di seluruh dunia adalah Candi Borobudur.

Candi Borobudur terletak di Magelang dan ditemukan oleh pasukan Inggris pada tahun 1814 di bawah kepemimpinan Sir Thomas Stamford Raffles. Mereka membersihkan candi ini dan selesai pada tahun 1835.

Ada beberapa jenis tiket masuk untuk mengunjungi Candi Borobudur, termasuk harga tiket individu, tiket rombongan sekolah (dengan harga lebih murah), dan paket beberapa candi.

Untuk harga tiket individu bervariasi mulai dari Rp 25.000 hingga Rp 375.000. Untuk tiket rombongan pelajar atau mahasiswa dengan minimal 20 peserta, harus membawa surat pengantar dari kampus atau sekolah.

Candi Borobudur dapat dikunjungi setiap hari, karena Taman Wisata Candi buka dari pagi hingga sore.

Loket tiket buka dari pukul 06.30 pagi hingga 4.30 sore, sedangkan kawasan wisatanya buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 05.00 sore.

Candi Borobudur adalah warisan Budha terbesar di dunia yang berasal dari sekitar 780-840 Masehi dan dibangun oleh Dinasti Syailendra.

Candi ini memiliki arsitektur Mandala yang mewakili alam semesta dalam kepercayaan Buddha.

Dengan desain berbentuk kotak dan memiliki 4 pintu masuk dengan lingkaran sebagai pusatnya. Candi ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu alam dunia dan alam nirwana.

Candi ini memiliki tiga zona yang masing-masing memiliki makna berbeda, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Relief yang ada pada candi menggambarkan rangkaian cerita epik.

Selain menikmati keindahan candi, ada banyak aktivitas lain yang dapat dinikmati di sini.

Aktivitas tersebut diantaranya seperti mengunjungi Taman Lumbini, museum, dan menyaksikan cerita sejarah Candi Borobudur.

Kawasan wisata candi ini juga memiliki Taman Lumbini yang indah, dengan latar belakang Candi Borobudur yang mempesona. Taman ini sering menjadi tempat acara seperti pernikahan dan pelepasan lampion.

Selama acara berlangsung, aktivitas wisata tetap berjalan seperti biasa. Di antara gerbang masuk dan candi, perjalanan cukup jauh, tetapi ada kereta odong-odong yang dapat digunakan dengan tiket yang terjangkau seharga Rp. 7.500.

Perjalanan dengan kereta odong-odong menawarkan pemandangan yang menyenangkan, termasuk melewati kandang gajah.

Dengan bangunan candi yang tinggi mencapai 9 tingkat, pagi adalah waktu yang sempurna untuk menikmati matahari terbit dan berfoto, karena biasanya kurang ramai pada pagi hari.

Candi Borobudur adalah tempat wisata internasional dengan fasilitas yang sangat baik, termasuk toilet bersih, restoran, dan toko-toko souvenir.

Lokasi Candi Borobudur ini berada di Kabupaten Magelang dengan alamat lengkap di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Yuk buruan ajak keluarga, teman, atau orang terdekatmu berlibur dan belajar di kawasan wisata sejarah Candi Borobudur!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button