Hukum dan Kriminal

Menelusuri Bebasnya Kepemilikan Senjata di Bangkok, Remaja 14 Tahun Lakukan Penembakan Massal!

GELARFAKTA.COM – Kejadian penembakan massal terjadi di pusat perbelanjaan bergengsi di Bangkok pada Selasa, tanggal 3 Oktober.

Penembakkan massal ini menyebabkan dua orang tewas dan sejumlah orang lain terluka.

Akibat dari kejadian ini mengarahkan perhatian pada isu kesehatan mental remaja di Thailand dan pengawasan atas kepemilikan senjata api.

Diketahui, pelaku penembakan adalah seorang remaja berusia 14 tahun dengan masalah kesehatan mental.

Dia melakukan serangan dengan menggunakan pistol yang telah dimodifikasi untuk menembakkan peluru kosong di dalam kompleks perbelanjaan yang terletak di pusat kota Bangkok.

Setelah sekitar satu jam, pelaku menyerah pada polisi di bawah ancaman senjata.

Insiden ini mengungkapkan ketidaksempurnaan dalam regulasi kepemilikan senjata api di Thailand.

Peristiwa ini mengingatkan setahun setelah terjadinya penembakan massal di taman kanak-kanak dan wilayah sekitar, di Nong Bua Lamphu, yang menewaskan 36 orang, termasuk 24 anak kecil.

Dilansir dari CNA, Dr. Krisanaphong Poothakool, seorang kriminolog dari Universitas Rangsit, menjelaskan bahwa peristiwa ini merupakan bentuk perilaku kenakalan remaja dan perlu menjadi perhatian serius.

Data dari Departemen Pengamatan dan Perlindungan Anak menunjukkan bahwa antara Oktober 2020 hingga September 2021.

Terdapat 1.477 pelanggaran yang melibatkan individu di bawah usia 18 tahun yang berdampak pada kehidupan dan kesehatan manusia.

Angka pelanggaran tersebut meningkat menjadi 1.695 dalam periode yang sama pada tahun berikutnya.

Pihak berwenang mencatat bahwa pelaku remaja menggunakan senjata kosong yang telah dimodifikasi agar dapat menembakkan peluru tajam dalam serangan di mal.

Di Thailand, senjata kosong tidak dianggap sebagai senjata api dan dapat dibeli secara legal dan mudah secara online.

Dr. Krisanaphong menjelaskan bahwa meskipun senjata kosong secara hukum tidak ilegal karena tidak dapat membunuh, pelaku menggunakan model yang telah dimodifikasi, dan ini menunjukkan perlunya penyesuaian hukum untuk mengatasi perilaku kriminal semacam itu.

Saat ini, belum ada informasi yang pasti tentang apakah pelaku melakukan modifikasi senjata kosongnya sendiri, menyewa seseorang untuk melakukannya, atau bagaimana dia memperoleh peluru tajam tersebut.

Investigasi masih sedang berlangsung, dan kepala polisi nasional Thailand, Pol Jenderal Torsak Sukvimol, menyatakan bahwa pelaku tidak dalam kondisi yang memungkinkan untuk memberikan kesaksian.

Pada hari Rabu, Pol Jenderal Torsak mengumumkan kepada media lokal bahwa dia telah memerintahkan polisi siber untuk mengatasi situs-situs web yang menyediakan informasi tentang modifikasi senjata ilegal dan mengambil tindakan hukum terhadap penjualan senjata api ilegal di internet.

Dia juga mengungkapkan bahwa dia telah berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri untuk mengklasifikasikan ulang senjata kosong sebagai senjata api, dengan tujuan untuk menghentikan impor dan penjualan senjata semacam itu di Thailand.

Selain mengkaji peraturan hukum, Dr. Krisanaphong dari Universitas Rangsit mengusulkan bahwa penjualan senjata api di masa depan harus melibatkan evaluasi kesehatan mental dan penilaian perilaku yang ketat terhadap calon pembeli. Saat ini, kepemilikan senjata di Thailand memerlukan izin, dengan persyaratan bahwa pemohon harus berusia minimal 20 tahun, tidak boleh memiliki cacat atau gangguan mental, dan harus menjalani pemeriksaan latar belakang yang meliputi pendapatan, karier, catatan pelanggaran kecil, dan catatan pidana mereka.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button