Peristiwa

Asteroid Diprediksikan Tabrak Bumi di Abad 22, Ini Kafa Para Ilmuwan

GELARFAKTA.COM – Baru-baru ini, para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa sebuah asteroid bernama Bennu diperkirakan akan menabrak Bumi dengan kekuatan setara 22 bom atom.

Meskipun asteroid ini melewati Bumi setiap enam tahun sekali, para ahli telah memperkirakan bahwa pada suatu hari di bulan September beberapa tahun mendatang, asteroid ini berpotensi mendekati Bumi.

NASA telah merencanakan upaya untuk menggagalkan tabrakan tersebut dan mengarahkan Bennu dari jalur yang berpotensi berbahaya.

Saat ini, misi mereka berada pada tahap terakhir. Richard Burns, manajer proyek OSIRIS-REx di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, menjelaskan semua upaya yang telah dilakukan untuk mengalihkan asteroid tersebut

“Kami sekarang berada di tahap terakhir dari perjalanan tujuh tahun ini, dan ini terasa seperti beberapa mil terakhir dari sebuah maraton, dengan pertemuan emosi seperti kebanggaan dan kegembiraan yang hidup berdampingan dengan fokus yang kuat untuk menyelesaikan perlombaan. Sehat.” Kata Richard yang dilansir dari Uniland.com.

Bennu memiliki lebar sekitar seperempat mil, sehingga ukurannya hanya setengah dari asteroid yang diyakini menyebabkan kepunahan dinosaurus.

Jika Bennu menabrak Bumi, dampaknya akan terasa hingga jarak 600 mil dari titik jatuhnya, namun ukurannya tidak cukup besar untuk menyebabkan kepunahan global.

Kabar baik, kemungkinan Bennu dipanggil ke Bumi dan menyebabkan kehancuran bagi generasi mendatang sangatlah kecil.

Menurut NASA, meski ada risiko, kemungkinan Bennu menabrak Bumi pada tanggal 24 September 2182 sangatlah kecil.

Dengan tanggal tersebut masih berada di akhir abad ke-22, kita tidak perlu khawatir dalam waktu dekat.

Berdasarkan makalah terbaru yang dipublikasikan oleh tim sains OSIRIS-REx bulan lalu, terdapat kemungkinan 1:2700 (0,037%) bahwa asteroid ini akan menghantam Bumi pada tanggal tersebut.

“Meskipun sulit untuk menentukan kemungkinan hal ini benar-benar terjadi, data baru dari pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx milik NASA telah memungkinkan para ilmuwan untuk memodelkan dengan lebih baik bagaimana orbit Bennu akan berevolusi seiring waktu, dan untuk menghitung dengan lebih baik kemungkinan dampaknya,” Kata NASA.

Pada tanggal 25 September 2135, Bennu akan melintasi Bumi dalam penerbangan yang dekat. Menurut NASA, lokasi Bennu pada tahun 2182 akan bergantung pada hasil dari penerbangan dekat tahun 2135.

Dalam satu dari 1.750 kemungkinan, Bennu diperkirakan akan mencapai Bumi pada tahun 2300.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button