EkonomiPendidikan

KNPI Bangun Kemandirian Pemuda Menjadi Aktivis dan Wirausahawan

Kediri, GelarFakta – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengajak seluruh anggotanya berwirausaha melalui program aktivispreuner.

Upaya keseriusan dalam menjawab tantangan pemuda dalam era saat ini terlihat dimana sebanyak 43 organisasi kepemudaan (OKP) yang berhimpun di KNPI Kota Kediri, menunjukkan sisi peranannya dalam berwirausaha yang dikemas dalam bentuk sosialisasi program aktivispreuner, dan bazar atau pasar rakyat.

Ketua Umum DPP KNPI Ryano Panjaitan mengatakan, pihaknya telah merencanakan aktivispreneur untuk mengumpulkan dua kekuatan yakni aktivisme dengan entrepreneurship atau kewirausahaan.

“Saya mau KNPI aktif dan mandiri secara ekonomi sehingga tidak terbebani kemudian hari dengan kebutuhan keluarga, yang dikhawatirkan mengadakan marwah idealismenya sebagai aktivis di organisasi,” ujarnya, Sabtu (24/6/2023).

Di era sekarang ini, kata Ryano juga harus bisa memanfaatkan berbagai macam celah agar usaha yang sudah dikelola bisa semakin maju seperti memanfaatkan media sosial.

“Kami dorong menjadi wirausahawan yang go digital. Jadi, memanfaatkan digital untuk hal yang produktif, jangan jadi konsumen saja,” terangnya.

Sementara itu, ketua DPD KNPI Kota Kediri Reza Darmawan menyampaikan, aktivispreuner merupakan program dari pengurus KNPI pusat yang dibawa di Kediri.

“Kita ingin menunjukkan kemampuan dan kolaborasi yang berimbang, sebagai aktivis dan wirausaha,” ucapnya.

Menurut pria yang juga pebisnis muda ini, program kewirausahaan ini sangat menarik dan bagus untuk OKP, guna mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat saat ini.

Selain itu, dapat menarik pandangan pemuda secara luas terhadap KNPI. Tidak hanya sebagai seorang aktivis di tengah masyarakat, melainkan juga menjadi seorang pengusaha.

“Sebanyak 43 OKP, kita libatkan dalam acara ini. Alhamdulillah mereka aktif dan antusias menyambut program ini,” urainya.

Bung Reza mengharapkan, peran aktif pemuda yang tergabung di OKP di Kota Kediri harus lebih giat dan ditingkatkan, sehingga dapat menjadi pemuda yang mandiri.

“Karena program KNPI memberikan wadah dan pintu bagi OKP, untuk berkembang baik dari sisi pandangan politik, bisnis, sosial dan lain sebagainya,” pungkasnya.(yan/kur)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button